Berpolemik dengan WHO, PBB Umumkan AS Tarik Diri Tahun Depan
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump kerap bersitegang dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang dianggap sebagai boneka China. (Foto: The New York Times)

Berpolemik dengan WHO, PBB Umumkan AS Tarik Diri Tahun Depan

Rabu, 8 Jul 2020 | 13:15 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Polemik panjang antara Amerika Serikat (AS) dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menemui kebuntuan. Pasalnya, lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan AS berencana menarik diri dari keanggotaannya di WHO per Juli 2021.

Hal ini disampaikan organisasi persatuan sejumlah negara tersebut setelah mendapat rilis resmi Presiden AS, Donald Trump terkait keputusannya tersebut pada Juni 2020.

"Sekretaris Jenderal ... sedang dalam proses verifikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia apakah semua persyaratan untuk penarikan seperti itu dipenuhi," kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, seperti dikutip Republika, Rabu (8/7).

Kabar ini merupakan kejutan lantaran AS sudah 70 tahun masuk dalam keanggotaan WHO, namun datang desakan AS bakal menarik diri dari WHO beberapa bulan lalu saat perseteruan antara AS dengan WHO terkait pandemi virus corona.

Trump menuding WHO menjadi boneka China, bahkan AS menjuluki WHO sebagai China Health Organization (CHO) karena dinilai telah bersekutu. Terlebih, virus yang kini menginfeksi banyak umat manusia di ratusan negara muncul di Kota Wuhan, China pada 2019.

Trump harus memberikan pemberitahuan satu tahun sebelum keluar atas keputusannya menarik AS dari lembaga PBB yang berbasis di Jenewa itu. Dalam resolusi bersama Kongres AS 1948, mewajibkan Washington membayar dukungan keuangan dan saat ini negara tersebut berutang kepada WHO lebih dari 200 juta dolar AS.

Presiden AS telah menghentikan pendanaan untuk organisasi beranggotakan 194 negara itu pada April. Dalam suratnya 18 Mei, dia memberi kesempatan kepada WHO selama 30 hari untuk berkomitmen melakukan reformasi. Dia mengumumkan AS akan berhenti dari keanggotaan WHO kurang dari dua pekan kemudian.

WHO adalah badan internasional independen yang bekerja dengan PBB. Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan bahwa WHO sangat kritis terhadap upaya dunia untuk memenangkan perang melawan Covid-19.

Trump telah lama mencela multilateralisme karena berfokus pada agenda "Amerika Pertama". Sejak menjabat, dia telah keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB, badan budaya PBB, perjanjian global untuk menangani perubahan iklim, dan kesepakatan nuklir Iran.

Dia juga telah memotong dana populasi PBB dan lembaga PBB yang membantu para pengungsi Palestina.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...