Berpose Duck Face Saat Selfie, Cerminkan Emosi Tidak Stabil

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Berpose Duck Face Saat Selfie, Cerminkan Emosi Tidak Stabil

Wingamers – Mengekspresi diri itu merupakan hal yang wajar. Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mengekspresikan diri mereka, dan selfie adalah salah satunya. Penelitian yang dipimpin oleh Lin Qiu dari Nanyang Technolocal University di Singapura, meneliti 123 selfie yang diambil dari peserta penelitian yang semuanya menggunakan situs micro-blogging populer Cina, Sina Weibo.

Meyakini bahwa selfie berisi petunjuk yang menunjukkan ciri-ciri kepribadian, tim penelitian pun mengembangkan sebuah skema pengkodean khusus. Para peserta penelitian mengisi sebuah kuesioner dan kelompok peserta lain (berisi 107 orang) sebelumnya telah diminta membuat penilaian tentang selfie dari peserta penelitian.

Penelitian dilakukan berdasarkan 13 aspek selfi, seperti menatap langsung ke kamera, menunjukkan emosi secara positif, mengambil gambar full-face atau body shot, lokasi, dan apakah foto diedit atau tidak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, orang yang mengambil selfie dengan posisi kamera lebih rendah menunjukkan keramahan. Sedangkan orang yang menyembunyikan lokasi mereka mengambil selfie menunjukkan bahwa mereka peduli akan privasi dan keamanan.

Yang cukup mengejutkan, ternyata para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang suka selfie dengan pose muka bebek atau “duck face” memiliki masalah neurotic (saraf) dan emosi yang tidak stabil.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});