Bersalju & Es Abadi di Puncak Jaya dan Sumantri, Indonesia

Bersalju & Es Abadi di Puncak Jaya dan Sumantri, Indonesia

Bicara soal puncak-puncak bersalju, setidaknya terdapat tiga puncak di dekat Puncak Carstensz yang punya panorama tersebut. Ketiga puncaknya, berlokasi di dekat Basecamp Danau-danau, yang jadi titik kemping terakhir sebelum menuju Puncak Carstensz.

Tepat di depan Basecamp Danau-danau, yang berada di ketinggian 4.330 mdpl, para pendaki akan disuguhkan oleh dua puncak yang ditutupi salju. Itu, namanya Puncak Sumantri dan Puncak Jaya.

Kedua puncaknya memang berdekatan. Untuk tiba ke sana, para pendaki harus berjalan kaki melewati bebatuan yang curam. Namun tenang saja, perjalanan ke puncaknya tidak seribet seperti ke Puncak Carstensz yang harus menggenakan peralatan panjat tebing.

Sedangkan untuk ke Puncak Carstensz Timur, para pendaki juga harus menggunakan sepatu krampon. Hanya saja, perjalanan ke Puncak Carstensz Timur dari Basecamp Danau-danau lebih jauh dan sulit dibanding ke Puncak Sumantri dan Puncak Jaya. Namun, bongkahan es di sana lebih besar!

Sedangkan untuk Puncak Carstensz sendiri, tidak terdapat bongkahan es seperti ketiga puncak tersebut. Tapi, di sana masih bisa ditemukan tumpukan salju di bebatuan-bebatuan sepanjang perjalanan pendakian.

image0  image1

image2  image3