Besok imunisasi ulang, Dinkes DKI siapkan vaksin asli di Puskesmas

Rike
Rike

Besok imunisasi ulang, Dinkes DKI siapkan vaksin asli di Puskesmas
WinNetNews.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI mengaku bakal melakukan vaksin ulang besok kepada balita yang diduga mendapatkan vaksin palsu. Vaksin yang telah didistribusikan ke Puskesmas tersebut dijamin keasliannya karena didapat langsung dari distributor.

"Vaksin ini disebarkan ke puskesmas kecamatan seluruh Jakarta, dan siap disuntikan mulai besok (Senin, 18 Juli 2016)," terang Kepala Dinkes DKI, Koesmedi kepada wartawan, Minggu (17/7/2016). Menurut Koesmedi, hasil koordinasi dengan Kementrian Kesehatan, ada tiga tempat, yang diduga memakai vaksin palsu, yaitu Rumah Sakit Harapan Bunda, Bidan Elly di Ciracas, dan Klinik Dokter AK di Kemanggisan.

Berdasarkan pendataan, terdapat 40 anak yang diduga menerima vaksin palsu di Bidan Elly. Sedangkan dua lainnya, masih melakukan pendataan.

Sebab itu, guna membuat data menjadi valid, Koesmedi mengharapkan kepada sejumlah orangtua yang memiliki anak kelahiran tahun 2003-2016 untuk memeriksakan imunisasi anaknya ke puskesmas sembari membawa buku imunisasi."Vaksin dari puskesmas terbukti bagus. Kami sediakan dokter anak untuk menangani bayi-bayi yang dicurigai kena vaksin palsu. Semuanya gratis," tegasnnya.

Sedangkan, menanggapi protes warga yang beberapa waktu lalu yang mendatangi di RS Harapan Bunda, karena enggan memeriksakan kembali ke Puskesmas. Koesmedi menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada orangtua bayi. Walau demikian, dirinya menegaskan, Dinkes, bakal tetap menyediakan posko pemeriksaan vaksin di puskesmas. "Kami jamin keaslian vaksin, langsung dari distributornya," terang Koesmedi.

Apa Reaksi Kamu?