Besok Jokowi Terbitkan Perppu Pembubaran Ormas Radikal!
Presiden Jokowi/Foto: Zool WNN

Besok Jokowi Terbitkan Perppu Pembubaran Ormas Radikal!

Selasa, 11 Jul 2017 | 18:16 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj mengungkapkan fakta menarik. Rencananya, besok Presiden Joko Widodo akan mengumumkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pembubaran Ormas Radikal. Hal tersebut diungkapkan oleh

“Ya, Perppu sudah. Ditandatangani Presiden dan besok akan dibacakan,” ungkap Said Aqil di Jakarta, Selasa (11/07/2017).

Meski demikian, seperti dikutip dari keterangan resmi, Said Aqil mengaku tidak tahu persis isi dari Perppu yang akan diumumkan segera itu.

“Saya enggak tanya (Presiden). Kalau ada yang kurang, saya usul lagi nanti,” kata Said Aqil.

Sampai saat ini memang belum ada menteri terkait atau pernyataan resmi dari pihak Istana soal penerbitan Perppu Pembubaran Ormas Radikal. Aqil Siradj sebelumnya sudah pernah mengatakan bahwa PBNU dan ormas-ormas Islam menuntut pemerintah segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu), untuk mendukung kebijakan pembubaran HTI yang sudah diumumkan oleh pemerintah.

“Kami menuntut pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang, sebagai landasan hukum untuk membubarkan ormas radikal dan anti Pancasila seperti HTI,” tegasnya.

Dalam pembacaan sikapnya itu, Said Aqil mengingatkan bahwa Indonesia dibangun oleh berbagai macam kelompok, mulai dari ulama, kelompok nasionalis, hingga kelompok non muslim. Para pendiri bangsa sudah sepakat, Indonesia didirikan atas dasar Pancasila dan UUD 1945.

“Indonesia yang dibangun dengan perjuangan yang heroik, tengah mengalami gempuran yang datang justru dari rakyatnya sendiri yang terpengaruh oleh pemikiran radikal, yang kemudian menolak atau anti terhadap Pancasila,” jelas Said.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...