Besok, Uji Coba Nopol Ganjil Genap Dilaksanakan di Jakarta

Besok, Uji Coba Nopol Ganjil Genap Dilaksanakan di Jakarta

WinNetNews.com - Siap-siap untuk para pengguna kendaraan roda empat, besok, Rabu (27/7) uji coba penerapan pembatasan kendaraan berdasar nomor polisi (nopol) ganjil-genap akan dilaksanakan. Uji coba ini akan berlangsung sampai 26 Agustus 2016 mendatang. Tapi, selama masa uji coba tersebut, polisi tidak akan memberlakukan sanksi tilang jika ada pengendara yang melanggar sistem pengganti 3 in 1 tersebut.

Sesuai perencanaan yang ada, uji coba tersebut akan dilaksanakan di semua ruas jalan protokol di Jakarta yang sebelumnya berlaku sistem 3 in 1, plus Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, selama masa uji coba tersebut para pelanggar hanya akan diberikan surat teguran. “Saat uji coba di simpang saat traffict light berwarna merah, petugas dinas perhubungan akan menghampiri kendaraan yang berhenti, memberikan arahan, dan menjelaskan perihal sistem ganjil-genap,” kata Budiyanto, Senin (25/7).

Selain petugas dinas perhubungan, kata Budiyanto, polisi juga akan menghampiri kendaraan yang berhenti di lampu merah untuk melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan kendaraan. “Jika nopol kendaraan tidak sesuai dengan waktu pemberlakuan, pengendara akan diberikan surat teguran. Belum diberlakukan penindakan,” jelasnya.