Skip to main content

BI Akan Ganti Uang Yang Rusak Dalam Kecelakaan Trigana

BI Akan Ganti Uang Yang Rusak Dalam Kecelakaan Trigana
BI Akan Ganti Uang Yang Rusak Dalam Kecelakaan Trigana

Bank Indonesia akan mengganti uang ratusan juta rupiah Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) tahun 2015 dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang rusak di tragedi Trigana Air. Uang itu akan diganti dengan yang baru.

Kepala Grup Operasional Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Luctor E Tapiheru, mengatakan bahwa yang ditukar adalah uang rusak yang teruji keasliannya. BI akan menggantinya dengan uang baru yang layak edar.

"Mengganti dalam arti menukar dengan uang yang layak edar jika keaslian uangnya masih tampak dan teruji di lab jika diperlukan. Jumlah tergantung berapa banyak yang akan ditukarkan oleh pemiliknya," terang Luctor saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (21/8/2015).

"Betul, kita hanya menukarkan uang yang rusak dengan yang layak edar," sambungnya.

PT Pos Indonesia sebelumnya memberikan informasi rinci mengenai kondisi uang yang diamankan tim SAR gabungan dari pesawat Trigana Air yang jatuh di Papua. Ada uang Rp 6.574.800.000 yang dibawa 4 pegawai PT Pos dalam pesawat Trigana Air nahas tersebut. Uang itu merupakan dana PSKS Kemensos untuk 10.958 rumah tangga/keluarga miskin di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Tim SAR Gabungan telah mengevakuasi seluruh dana tersebut. Serah terima telah dilakukan Kepala Kantor Pos Jayapura FX Haryono dengan Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo disaksikan Kapolda Papua Brigjen Paulus Waterpauw.

Rinciannya:

  • Uang Rp 536.100.000 dalam keadaan utuh.
  • Uang Rp 200.000.000 dalam keadaan rusak.

Artinya ada sekitar dana Rp 5 miliar yang hangus atau hilang. Namun mereka tidak sepenuhnya hilang karena diasuransikan.

disadur dari detik.com

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top