BI Akan Melakukan Pelonggaran Moneter

BI Akan Melakukan Pelonggaran Moneter

Jumat, 29 Jan 2016 | 14:59 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, menyatakan, kinerja ekonomi yang baik memungkinkan untuk dilakukan pelonggaran moneter.

Agus mengatakan, secara umum saat digelar rapat dewan gubernur pada Desember 2015 dan Januari 2016, BI melihat adanya ruang untuk pelonggaran moneter sehingga diputuskan penurunan suku bunga acuan BI dari 7,5% menjadi 7,25%.

"Kita harapkan kondisi terus terjaga sehingga pelonggaran moneter bisa dilakukan,” kata Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/1).

Dia mengatakan, saat ini Bank Indonesia masih mengkaji sejumlah faktor yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk melonggarkan moneter, khususnya terkait suku bunga acuan.

"Namun, ini hanya akan mungkin bisa diputuskan kalau nanti kita sudah mengkaji data. Dan, data yang penting perlu kita kaji adalah bagaimana stabilitas sistem keuangan dan stabilitas ekonomi makro. Itu harus kita jaga sehingga dapat melaksanakan penyesuaian atau pelonggaran moneter,” katanya.

Menurut Agus, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan Januari 2016 yang diprediksikan sebesar 0,75% ruang untuk pelonggaran moneter tetap ada.

"Secara umum, statement kita bahwa ruang untuk pelonggaran moneter itu ada. Tapi itu tergantung pada data. Seperti pada bulan Desember kita juga menurunkan Giro Wajib Minimum dan pada Januari menurunkan BI rate. Kita masih akan kaji untuk hal ini,” jelas dia.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...