BI Batasi Pembelian Dolar AS

Rusmanto
Rabu, 19 Agustus 2015 15:51 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 19 Agustus 2015 15:51 WIB
Image BI Batasi Pembelian Dolar AS

Bank Indonesia akan memperketat pengawasan transaksi valuta asing terutama dolar Amerika Serikat (AS). Pembelian dolar AS tanpa underlying transactions (tujuan transaksi) dibatasi hanya menjadi US$ 25.000 per bulan.

Direktur Kantor Gubernur BI Nanang Hendarsah mengatakan, hal ini dilakukan karena terjadi peningkatan dan lonjakan pembelian dalam jumlah-jumlah kecil di bawah US$ 100 ribu yang melebih kebutuhan atau kewajaran.

Selama ini pembelian dolar AS tanpa underlying transactions bisa mencapai US$ 100.000 per bulan. Dengan adanya aturan baru ini maka pembelian dolar AS di atas US$ 25.000 harus dibuktikan dengan dokumen underlying transactions dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Perubahan aturan ini akan diterbitkan dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang saat ini masih digodok oleh bank sentral.

"BI tidak melarang pembelian valas, tapi untuk menjaga stabilitas kurs, pembelian valas harus ada dasarnya yaitu untuk kegiatan transaksi ekonomi, bukan spekulasi atau menumpuk dolar AS," jelasnya.

Nilai tukar dolar AS sudah melonjak lebih dari 10% terhadap rupiah tahun ini, hari ini saja sudah mencapai Rp 13.800. Tingginya dolar AS ini membuat banyak orang memburu dolar Amerika Serikat. (jk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Konsumsi Daging Ayam Setiap Hari

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.