BI imbau agar masyarakat menghargai uang rupiah

BI imbau agar masyarakat menghargai uang rupiah

Kamis, 11 Agt 2016 | 20:28 | Rike
WinNetNews.com - Kepala Kantor Wilayan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bayu Martanto mengimbau agar masyarakat bersama-sama menghargai uang rupiah.

"Sebagai warga negara Indonesia kita wajib menghargai uang rupiah guna menjaga kedaulatan negara dan menjaga kualitas serta kelayakan uang di kalangan masyarakat,"terang Bayu di Pangkalpinang, Kamis.

Selain itu, ia menambahkan bahwa menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang memuat sanksi hukum bagi orang yang merusak uang dengan sengaja."Setiap orang yang dengan sengaja merusak rupiah dengan maksud merendahkan seperti merobek dan menggunting rupiah dengan unsur kesengajaan akan dikenakan pidana 5 tahun, denda paling banyak Rp1 miliar," ucapnya.

Ia mengatakan, BI pun melakukan edukasi pada masyarakat supaya lebih menghargai rupiah dan menjaga rupiah agar tak cepat lusuh dan rusak melalui sosialisasi yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan beberapa lembaga terkait lainnya."Selama tahun 2016 ini kita sudah melakukan dua kali edukasi terkait memperlakukan uang yang diperoleh secara susah payah. Kegiatan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, lembaga-lembaga dan tokoh masyarakat di daerah-daerah," ungkap Bayu.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...