BI keluarkan paket kebijakan , Rupiah Sentuh level Rp 14.700 per USD

BI keluarkan paket kebijakan , Rupiah Sentuh level Rp 14.700 per USD

Jakarta - Rupiah sempat menyentuh level terendah melewati level Rp 14.700 per USD.Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika (USD) masih saja terus melemah.

Bank Indonesia (BI) Menanggapi kondisi ini, bakal mengeluarkan paket kebijakan baru. Paket kebijakan tersebut salah satunya adalah memberikan insentif kepada pelaku usaha yang menyimpan dana hasil ekspornya di dalam negeri. Ujar Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung.

"Dalam waktu dekat BI akan menyampaikan kembali paket kebijakan yang bisa mengatasi stabilisasi nilai tukar," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (25/9).

Menurut Juda, paket kebijakan ini juga untuk meningkatkan ketersediaan dolar di Tanah Air yang akhirnya dapat menguatkan Rupiah ke depan.

"Paket itu misalnya DHE (Devisa Hasil Ekspor), kami sedang berkoordinasi dengan pemerintah detailnya, termasuk soal kemungkinan pajak dan sebagainya," jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan revisi Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang mengatur transaksi forward jual dolar AS. Maklum saja, saat ini permintaan terkait transaksi forward meningkat tetapi suplai terhadap forward jualnya sedikit terbatas.

"Oleh sebab itu kami akan mendorong perusahaan-perusahaan untuk melakukan forward jual dengan pelonggaran aturan. Kami akan melonggarkan beberapa ketentuan, sekarang non underlying transaksional maksimal USD 1 juta untuk forward jual, kami akan longgarkan ke arah lebih tinggi, sekitar USD 5 juta," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih terus melemah. Perdagangan hari ini, Rupiah sempat menyentuh level terendah yaitu Rp 14.711 per USD pada pukul 09.05 WIB.

Melansir data Bloomberg index, Rupiah kembali turun pukul 03.15 WIB menjadi Rp 14.694 per USD. Rupiah menyentuh titik terkuatnya pukul 11.30 WIB yaitu Rp 14.653 per USD.

Nilai tukar Rupiah ini terus melemah jika dibandingkan kemarin, Kamis (25/9), di mana Rupiah berada di Rp 14.684 per USD.