Skip to main content

BI Pantau Perkembangan Nilai Rupiah

BI Pantau Perkembangan Nilai Rupiah
BI Pantau Perkembangan Nilai Rupiah

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan pihaknya senantiasa memantau perkembangan nilai tukar rupiah di pasar. Termasuk, siap melakukan intervensi secara terukur apabila diperlukan untuk menjaga stabilitas kurs rupiah.

"BI akan selalu ada di pasar untuk menjaga rupiah dan intervensi selalu siap kami lakukan dari waktu ke waktu dan dapat terlihat dari menurunnya cadangan devisa kita," ujar Agus di Jakarta, Selasa (04/08/2015).

Ia menuturkan rata-rata depresiasi rupiah sejak akhir tahun 2014 hingga saat ini sekitar 8,5 persen (ytd), sedangkan secara bulanan atau month-to-date (mtd) berada di bawah satu persen. Menurut dia, rata-rata tersebut relatif lebih baik apabila dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan regional.

Sementara itu, secara year to date, depresiasi mata uang rupiah juga lebih baik dibandingkan negara lain di regional dan dunia yang mencapai di atas 10 persen (ytd), bahkan lebih dari 15 persen (ytd).

Ia mengatakan menufaktor utama pemicu depresiasi rupiah adalah sentimen global, terutama pernyataan Bank Sentral AS The Federal Reserve soal rencana kenaikan suku bunga AS. Selain itu, kat dia, pelemahan rupiah juga turut dipengaruhi persepsi pasar terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat. (jk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top