Skip to main content

BI: Prediksi Ekonomi Kuartal III-2016 Tumbuh 5%

BI: Prediksi Ekonomi Kuartal III-2016 Tumbuh 5
BI: Prediksi Ekonomi Kuartal III-2016 Tumbuh 5

WinNetNews.com - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2016 sebesar 5%. Pertumbuhan ekonomi tersebut lebih rendah dari kuartal II-2016 sebesar 5,18%.Namun, permintaan konsumsi rumah tangga ke depan masih menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun.

Dikutip dari detikFinance, Jakarta, Minggu (6/11/2016), Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Solikin M Juhro di Gedung Pascasarjana UGM, mengatakan"Jadi kita melihat memang tidak sekuat yang sebelumnya tapi cukup tinggi juga. Kalau perkiraan memang sekitar 5%. Ini yang nanti akan masih didukung sektor permintaan rumah tangga konsumen yang cukup bagus".

Pelonggaran moneter yang sudah dilakukan BI dengan memangkas suku bunga acuannya ke level 4,75% dinilai akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi sampai akhir tahun. Pelonggaran kebijakan makroprudensial dengan melonggarkan Loan to Value (LTV) alias uang muka KPR jgua bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi.

"Ini diharapkan dampak dari kebijakan kita yang kemarin-kemarin melonggarkan dari sisi moneter dan makroprudensial bisa memberikan ruang lagi untuk kita tumbuh di triwulan keempat," kata Solikin.

Hingga akhir tahun, BI memperkirakan ekonomi tumbuh di angka 5,1%. Angka tersebut masih sesuai dengan target yang dipasang pemerintah 4,9%-5,1%.

"Sehingga, secara keseluruhan ekonomi kita setahun ini bisa tumbuh kalau di range kita 4,9% sampai 5,3%, paling 5%-5,1% itu sudah bagus di tengah ekonomi dunia yang seperti sekarang ini," ujar Solikin.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top