Skip to main content

BI : Rekening Valas Permudah Asing Investasi di Indonesia

BI : Rekening Valas Permudah Asing Investasi di Indonesia
BI : Rekening Valas Permudah Asing Investasi di Indonesia

Ini merupakan kemudahan bagi warga asing untuk berinvestasi.

Jakarta – Dalam rangka mempermudah dan melonggarkan Warga Negara Asing ( WNA ) untuk membuka rekening Bank di Indonesia. Saat ini Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) tengah menggodok peraturan yang di rancang berbentuk Surat Edaran yang diberikan kepada perbankan nasional agar memudahkan administrasi pembuatan rekening WNA.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Rabu, 9 September 2015, mengapresiasi kebijakan tersebut. Menurutnya itu merupakan penyederhanaan prosedur atau aturan yang akan dapat mendorong asing untuk mendirikan usaha di Indonesia.

Agus menyatakan hal tersebut merupakan suatu kemudahan bagi warga asing untuk dapat berinvestasi di Indonesia, yang selama ini mengalami kesulitan lantaran proses perizinan yang rumit untuk berinvestasi di Indonesia.

"Adalah bentuk penyederhanaan prosedur. Sehingga kalau ada warga negara asing ingin buka rekening di Indonesia, meski proses prosedurnya lama untuk buat perseroan terbatas dan izinnya belum keluar, dananya bisa langsung mengendap di Indonesia," ujarnya saat ditemui di Jakarta Convention Center Senayan.

Seperti diketahui sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, mengatakan surat edaran OJK itu saat ini sudah masuk dalam tahap finalisasi. Nantinya, rekening yang diizinkan dibuka untuk WNA adalah dalam bentuk valas.

Agus mengharapkan kemudahaan menabung di Indonesia ini nantinya akan memperkuat kondisi ekonomi dan akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

"Nanti akan ada paketnya yang akan disampaikan presiden," katanya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top