Biar Hemat, Jepang Buat Alat Deteksi Kue untuk Mesin Kasir

Biar Hemat, Jepang Buat Alat Deteksi Kue untuk Mesin Kasir

Kamis, 13 Apr 2017 | 14:58 | kontributor

winnetnews.com - Kasir perlu bekerja cepat dan tepat agar konsumen tidak menunggu lama. Karenanya bakery di Jepang ini membuat sistem khusus untuk mendeteksi jenis roti.

Pengguna Twitter bernama Imos menemukan sebuah bakery di rest area tol kawasan Gunma yang memakai sistem pengenalan roti. Toko roti Denen Plaza Kawaba itu memiliki pemindai khusus di kasir.

Pemindai bisa mengidentifikasi langsung jenis roti pada nampan konsumen yang nantinya terhubung ke layar di kasir, lapor Rocketnews24 (12/4). Selain nama roti, terdapat juga harga masing-masing roti dan total semua pembelian.

Pengguna Twitter lainnya mengidentifikasi alat tersebut sebagai Bakery Scan yang dibuat perusahaan asal Tokyo, Brain. Bakery Scan mengklaim bisa identifikasi dan menghitung total harga 10 produk dalam waktu satu detik.

Alat baru itupun kemudian memicu banyak komentar netizen. Ada yang berkomentar, "Saya menduga-duga apakah alat masih bekerja jika rotinya tergencet." Netizen lain berkomentar, "Kantin kantor saya juga memakai ini. Cukup keren." Bahkan ada pula yang mengatakan lebih baik meningkatkan gaji staf daripada menghabiskan uang untuk mesin.

Beberapa tahun lalu, alat serupa pernah dirancang Toshiba untuk supermarket. Tapi nampaknya tantangan cukup besar untuk mengeliminasi image di latar belakang dan mengatur seluruh data barang yang banyak di supermarket.

Rocketnews24 menyebut pemakaian image recognition di bakery tentunya lebih mudah daripada penerapan alat serupa di supermarket. Karena bakery punya pilihan lebih terbatas dan nampan berwarna sama untuk latar belakangnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...