Biayai Angkutan Komersil Rp1 Triliun Diincar Pro Car Finance

Muchdi
Muchdi

Biayai Angkutan Komersil Rp1 Triliun Diincar Pro Car Finance

 WinNetNews.com - Targetkan hingga akhir 2015 PT Pro Car International Finance, perusahaan dapat membukukan pembiayaan Rp1 triliun.

Target ini lebih rendah dari capaian tahun lalu sebesar Rp1,3 triliun, Tutur Gusti Wira Susanto, Direktur Utama Pro Car Finance . Penyesuaian target ini mengingat menurunnya permintaan kendaraan komersil dari sektor komoditas seperti pertambangan maupun perkebunan sawit, Ujar Dia

"Hingga akhir Agustus kami telah membukukan pembiayaan Rp680 miliar," kata Gusti di Jakarta, Senin (5/9).  

Akan tetapi, Wira optimis target 2015 dapat dipenuhi oleh perusahaan. Apalagi jika dipersentase jumlah hingga Agustus ini mencapai 68% dari target perusahaan.

Dia mengatakan dari pembiayaan yang telah dikucurkan tersebut sebesar 65% merupakan pembiayaan kendaraan komersil, 35% angkutan umum sedangkan sisanya merupakan pembiayaan kendaraan pribadi.

Wira mengatakan perlambatan ekonomi juga membuat kredit bermasalah perusahaan naik. Akan tetapi, Dia mengatakan jumlah non performance financing (NPF) ini masih terkendali dan tidak membahayakan perusahaan.

"Saat ini NPF kami berkisar 1,5%-2% dari sebelumnya 1%-1,5%," katanya.

Lebih lanjut, Wira mengatakan untuk mengendalikan angka NPF pihaknya juga secara proaktif melakukan pendekatan kepada nasabah. Dia mengatakan perusahaan meminta dilakukan penjadwalan ulang pembayaran jika nasabah memang merasa kesulitan untuk memenuhi kewajiban.

Selain itu, kata Wira, pihaknya juga tengah menyiapkan sejumlah langkah baru agar bisnis dapat tetap tumbuh. Dia mengatakan sejumlah sektor baru tengah dimatangkan perusahaan diluar pasar tradisional yang dimiliki.

Dia menyebutkan pihaknya juga terlibat dalam konsorsium pembiayaan kemaritman dan pembiayaan ekonomi kreatif berbasis ekspor yang diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

"Kami akan masuk pada sektor pendidikan, umroh serta sejumlah produk strategis yang saat ini tengah dimatangkan," katanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});