(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bicara Sendiri Menandakan Pribadi Yang Sehat Dan Cerdas

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Bicara Sendiri Menandakan Pribadi Yang Sehat Dan Cerdas

Suka melihat seseorang berbicara sendiri ? Bicara dengan diri sendiri sering dikaitkan dengan gangguan mental, terutama skizofrenia. Tapi sebenarnya, tidak selalu demikian. Bicara dengan diri sendiri bisa berarti Anda normal, sehat dan bahkan lebih cerdas dari orang lain.

Menurut para ahli, kebiasaan berbicara dengan diri sendiri atau self talk sudah ada sejak kita belajar bicara dan merupakan bagian dari proses belajar anak. Bicara dengan diri sendiri, tidak melulu dalam bentuk dialog dengan suara sebab semua yang terlintas dalam otak, itu termasuk cara kita berbicara dengan diri sendiri. Dalam satu menit, ada 150-300 kata yang terlintas dalam benak kita. Itu artinya, 45-51 ribu kata perhari total kata yang kita ucapkan setiap hari pada diri sendiri.

Secara mental, bicara sendiri memberi banyak keuntungan dan menjaga mental kita tetap sehat. Para ahli menyetujui itu. Inilah keuntungan yang bisa Anda dapat dari proses bicara dengan diri sendiri seperti yang dikutip dari laman kompas. let's check it out.

1. Meningkatkan performa dan fungsi otak

Ketika Anda bicara dengan diri sendiri, otak terbantu untuk fokus pada apa yang sedang dikerjakan dan kapabilitas persepsi meningkat. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh psikolog Gary Lupyan dari University of Wisconsin-Madison dan Daniel Swingley dari University of Pennsylvania, ditemukan bahwa penggunaan clue verbal dapat menolong orang ketika mencari benda yang hilang karena otak menjadi fokus mengingat di mana benda itu disimpan.

2. Penyaluran emosi

Menggerutu karena lama menunggu adalah contoh dari berbicara dengan diri sendiri untuk menyalurkan emosi. Hanya saja, pastikan agar jangan sampai komunikasi dengan diri sendiri ini malah membuat kita semakin kesal.

3. Membantu penyimpanan dan penggalian memori

Ketika Anda bicara dengan keras pada diri sendiri, ada sensor otak yang terbangun, yaitu bagian penyimpanan memori. Dalam satu eksperimen ilmiah, relawan ditunjukkan 20 gambar yang berbeda dan diminta menunjuk gambar yang spesifik, misalnya pisang. Lalu gambar ditutup. Setelah itu setengah dari mereka diminta menunjuk di mana letak gambar tertentu sambil bersuara keras. Setengah lainnya diminta melakukan hal yang sama tapi tidak boleh bersuara.

Hasilnya, relawan yang mencari letak gambar sambil bicara dengan bersuara kepada diri sendiri dapat menemukan gambar yang dimaksud 50-10 milidetik, rata-rata mereka bisa menemukan satu gambar dalam waktu 1-2 detik.

4. Membantu Anda mempersiapkan rapat penting

Persiapan adalah kunci sukses, termasuk ketika Anda harus rapat atau presentasi besok. Berbicara kepada diri sendiri akan membantu Anda berlatih bicara lancar di rapat. Persiapan yang tepat, membantu menghilangkan stres dan kecemasan Anda akan rapat esok hari.

5. Memberi motivasi

Terutama jika Anda menggunakan kata 'kamu' kepada diri sendiri, misalnya 'Kamu pasti bisa menang'. Dr. Sanda Dolcos, peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign mengatakan, "Bicara dengan diri sendiri menggunakan kata kamu membuka pikiran seseorang terhadap perspektif yang lebih luas, seolah-olah ada orang lain yang ikut bicara menyemangati Anda."

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});