Bigorexia Membuat Celaka

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Bigorexia Membuat Celaka

Wingamers.com - Punya tubuh idaman yang indah dipandang bukan hanya keinginan wanita, namun juga pria. Namun jangan sampai menjadi obsesi tanpa ujung sebab malah mencelakakan diri. Seperti yang dialami Oli Loyne seperti dilansir Daily Mail, pemuda berusia 20 tahun ini meninggal karena serangan jantung akibat terlalu memforsir tubuhnya agar cepat berotot.

Oli diketahui mengonsumsi steroid dan melakukan latihan beban secara berlebihan untuk menjadi berotot. Dokter pun mendiagnosisnya dengan kelainan yang disebut Bigorexia. Gangguan ini ditandai dengan keinginan berlebihan untuk mendapatkan tubuh berotot.

"Ada rasa tidak percaya diri soal tubuh bagi kaum pria," ungkap Dr John Morgan,psikiater di St Thomas's Hospital, yang menyebutkan bigorexia sebagai kelainan ini. Penderita bigorexia sangat terobsesi memiliki tubuh berotot sampai meninggalkan pekerjaan mereka.

Ini adalah gangguan kecemasan yang bisa menyebabkan depresi. Depresi sendiri bisa mengarah ke bunuh diri atau membuat diri merasa tertekan. Penyebab kelainan ini bisa bermacam-macam, dari ingin tampil sempurna sampai pengalaman pernah di-bully.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});