Bijak Mendengarkan Musik

Oky
Oky

Bijak Mendengarkan Musik https://www.psychologies.co.uk/music-makes-you-feel-better

Winnetnews.com - Musik merupakan salah satu media untuk mengekspresikan perasaan diri yang saat ini sangat dekat dengan kaum millennials sampai generasi Z. Mereka berbondong- bondong datang ke konser- konser musik yang harganya relatif mahal, hang out ke café- café yang menyediakan live music, menghilangkan kebosanan dengan mendengarkan musik. Musik sudah menjadi teman mengerjakan tugas, berkendara, tidur, bahkan mandi.

Data menunjukan bahwa orang Indonesia mendengarkan musik 3 (tiga) jam per harinya. Mendengarkan lagu membawa dampak positif, seperti menurunkan stress, meredakan sakit, memperkuat daya ingat, baik untuk kesehatan jantung, kesehatan mental lebih baik, meningkatkan suasana hati bagi pendengarnya.

Seorang psikolog, Elizabeth T. Santosa dalam bukunya yang berjudul, "Raising Kids in Digital Era‟ (2014), mengutip salah satu penelitian dari American Academy of Child and Adolescent Psychiatry (AACAP) mengenai dampak negatif musik.

Berdasarkan penelitian itu, lirik musik yang negatif dapat mendorong remaja untuk mengonsumsi narkoba, minuman keras, atau memberikan efek 'glamor' terhadap perilakunya sehari-hari. Hal itu juga diperkuat dengan salah satu penelitian di Inggris yang menyatakan bahwa hampir seperempat dari musik pop dalam bahasa Inggris yang ada saat ini telah menyisipkan merek alkohol tertentu.

Sebanyak 16% dari konten musik yang semakin berkembang saat ini juga menggambarkan sejumlah perilaku menyimpang seperti mabuk-mabukan, berpakaian minim dan berperilaku 'glamor', hingga perilaku agresif dan seks bebas. Berdasarkan penelitian dari Dr Tobias Greitemeyer dari University of Sussex, musik memiliki efek yang kuat pada perilaku manusia, termasuk pada perilaku baik dan buruknya. Lagu- lagu dengan pesan positif akan mengembangkan rasa pendengarnya dan mendorong pendengar untuk bertingkah laku sesuai dengan lirik lagu yang didengarnya.

Pesan positif membawa dampak menguntungkan bagi pendengar, contohnya “Help!” oleh the Beatles dan “Heal the World” oleh Michael Jackson. Orang yang mendengar lagu tersebut menjadi lebih penuh perhatian dan empatik.

Ayo lebih bijak dalam mendengarkan lagu- lagu, karena lirik lagu dapat mempengaruhi psikis manusia. Jika tidak dimulai dari diri sendiri, siapa lagi?

 

Penulis : Stefania Audrey Efriyanto

Mahasiswa London School of Public Relations

Apa Reaksi Kamu?