(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bingung Mau Masuk Perguruan Tinggi, Ini Lho Tips Lulus Dari PMDK!

Kontributor 3
Kontributor 3

Bingung Mau Masuk Perguruan Tinggi, Ini Lho Tips Lulus Dari PMDK!
Winnetnews.com – Beberapa minggu lagi bagi kamu yang baru lulus SMA tentu bakal disibukan dengan memilih perguruan tinggi dong. Nah, salah satu jalurnya melalui PMDK. Tapi gimana sih tipsnya biar sukses.

Nah tips ini moga-moga bisa bantu kawan-kawan lho biar dapat PMDK:

1. Tentuin jurusan yang bakal kamu ambil

Tentuin dulu jurusan yang kalian pengen masukin...mesti punya pandangan luas...coba tanya-tanya ama sodara ato nggak temen ato alumni skolah kamu soal macem-macem jurusan yang ada di universitas trus apa aja yang di pelajari n kira-kira klo lulus bisa daftar kerja dimana aja...inget jurusan yang di ambil jangan yang terlalu muluk tapi paling ga kalian yakin kalo kalian bisa.

2. Perbanyak diskusi sama yang pengalaman

Diskusiin dengan keluarga terutama ORTU soal jurusan yang kalian mau ambil jg universitanya...jangan ampe ada orang tua yang jantungan gara-gara anaknya ambil kuliah di papua dengan jurusan bahasa jawa...pasti nggak lucu dong.

3. Perbanyak info terkait jurusang bakal kamu ambil

Bisa tanya kakak kalian jurusan yang kalian minati itu bagus apa nggak...yang harus di ingat peluang kerja yang kalian prediksi itu adalah peluang kerja untuk 4 tahun mendatang, dan bukan untuk sekarang karena kalian lulus paling nggak 4 tahunan.

4. Perhatikan nilai raport kamu

Liat juga nilai raport kamu dan coba diskusiin sama guru BK ataupun wali kelas kalian kira-kira dengan nilai yang seperti itu kalian bisa masuk jurusan apa...biar ga salah langkah kimia dapat merah terus tapi kuliah ambil teknik lingkungan...pasti ngaco deh.

5. Waktu pendaftaran PMDK

kalo udah semua datengin guru BK dan tanya kapan pendaftaran dibuka n syarat-syaratnya apa aja...biasanya syarat yang mesti di siapin itu foto copy sertifikat-sertifikat lomba. Biasanya berkas-berkas itu mesti kalian scan aja, soalnya tahun kemarin udah pakai sistem online.

Estimasi pendaftar untuk tahun kemarin yaitu: 100% siswa yang berhak mendaftar dari kelas akselerasi, 50% siswa yang berhak mendaftar untuk siswa yang sekolahnya terakreditasi A, 25% untuk sekolah yang terakreditasi B.

6. Jangan terpengaruh dengan passing great

Jangan pernah terpaku ama yang namanya PASSING GREAT karna itu hanya akan membuat kamu memilih jurusan-jurusan yang greatna rendah aja padahal belum tentu passing great itu akurat. Coba deh bayagin 100 orang yang daftar juga berfikiran sama kaya kamu.

7. Tentukan jenis PMDK yang bakal kamu ikuti

Tentuin jenis PMDK yang akan kamu ikuti...mulai bidik misi yang nggak bayar sampai kemitraan yang bayarnya gila-gilaan...liat kemampuan ortu jangan pernah memaksaan diri...inget bidik misi hanya untuk orang-orang dengan kemampuan ekonomi maksimal 600 ribu untuk 1 jiwa dalam keluarga bukan 1 keluarga....jadi buat kalian yang ortunya gajinya lebih dari 1 juta tapi hasilnya kalo dibagi jumlah orang 1 rumah adalah kurang ato sama 600ribu per orang masih bisa daftar.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});