Bintan Miliki 3 Gardu Induk Baru

Bintan Miliki 3 Gardu Induk Baru

Jumat, 5 Agt 2016 | 08:24 | Rusmanto
WinNetNews.com - Sistem kelistrikan di Pulau Bintan semakin andal setelah Gardu Induk (GI) Sri Bintan 30 Mega Volt Ampere (MVA) berhasil masuk sistem pada 24 Juli 2016 lalu , yang sebelumnya telah beroperasi GI 150 KV Tanjung Uban (30 MVA) dan GI Ngenang (10 MVA) bersamaan energized kabel laut Batam Bintan pada 10 November 2015.

Tidak hanya itu, PT PLN (Persero) juga berhasil menyelesaikan transmisi 150 Kilo Volt (kV) Tanjung Uban-Sri Bintan sepanjang 19,88 kilometer-route (kmr) dan memiliki 54 tower. Dengan energize-nya GI dan transmisi ini artinya interkoneksi listrik melalui kabel laut dari Batam menuju Bintan sudah bisa dinikmati masyarakat.

"Masuknya Gardu Induk dan Transmisi ini setelah melalui beberapa pengujian dan kami nyatakan telah siap. Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras seluruh tim, tak kurang sebanyak 1.500 tenaga kerja kami kerahkan untuk mempercepat interkoneksi ini. Selain itu, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kepulauan Riau dan stakeholders terkait serta masyarakat pemilik lahan dan yang dilintasi jalur transmisi," ujar Direktur Bisnis Regional Sumatera Amir Rosidin, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7/2016).

saat ini, sistem kelistrikan Pulau Bintan masih mengunakan SUTM 20 kV mulai dari Tanjung Uban sampai kota Tanjung Pinang yang memiliki total daya terpasang sebesar 99,3 MW yang berasal dari PLTU Galang Batang, PLTD Suka Berenang, PLTD Air Raja dengan Total daya mampu sebesar 62,6 MW. Dengan sistem interkoneksi Batam - Bintan ini sistem kelistrikan di Bintan meningkat menjadi 150 MW.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...