Bioskop Pertama di Arab Saudi Tayangkan Black Panther
Foto:Istimewa

Bioskop Pertama di Arab Saudi Tayangkan Black Panther

Kamis, 5 Apr 2018 | 13:42 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Dalam waktu dekat ini, Arab Saudi akan membuka bioskop pertamanya setelah 35 tahun masyarakat Arab tidak punya tempat hiburan menonton film itu bakal dibuka pada Rabu 18/4/2018 mendatang.

Dikutip dari Reutres, keterangan itu disampaikan  oleh pemerintah Arab. Arab Saudi baru saja membuat kesepakatan dengan AMC Entertainment Holdings (AMC.N), jaringan bioskop besar dari Amerika yang saat ini dioperasikan Dalian Wanda Group. Kesepakatan itu menyebut bahwa AMC akan membangun 40 bioskop dalam lima tahun ke depan di Arab Saudi.

Nantinya bioskop tersebut akan dibuka di Distrik Bisnis King Abdullah, tepatnya di sebuah bangunan yang awalnya hendak dipergunakan untuk tempat konser. Studio utamanya, kata Kepala Eksekutif AMC Adam Aron, bioskop itu  berisi 500 sofa kulit. Selain itu, ada balkon dan ruang orkestra. 

Kamar mandinya pun dibuat semewah mungkin dengan dihiasi lantai marmer. Sampai saat ini baru satu studio dan tiga ruangan lain akan ditambahkan pada pertengahan musim panas mendatang.

Bioskop tersebut tidak akan ada pemisah antargender di bioskop itu, seperti di tempat-tempat publik lainnya. Menurut sumber yang dikutip Reuters, film pertama yang akan diputar di bioskop itu adalah Black Panther, pahlawan super terlaris yang baru dirilis Marvel.

Arab Saudi sebenarnya pernah punya bioskop pada 1970-an. Namun kalangan konservatif yang menganggap tempat-tempat hiburan lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Apalagi di sana gender bisa bercampur, hal yang 'diharamkan' oleh petinggi dan ulama di Arab Saudi.

Namun saat ini, diera globalisasi, Arab Saudi menargetkan mereka akan punya 350 bioskop dengan lebih dari 2.500 layar per 2030 mendatang. Itu juga dianggap layak melayani populasi Arab Saudi yang saat ini ada lebih dari 32 juta orang. 


 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...