Bisa Menyerang Non Perokok, Kenali Kanker Paru yang Dapat Menyerang Kapan Saja

Bisa Menyerang Non Perokok, Kenali Kanker Paru yang Dapat Menyerang Kapan Saja

Senin, 8 Jul 2019 | 11:06 | Aldina Putri Nst

Winnetnews.com -  Kabar mengejutkan datang dari Sutopo Purwo Nugroho, sebelum meninggal dunia Sutopo sempat mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit kanker paru. Akan tetapi, Sutopo dikenal perokok pasif, dalam arti bukanlah seorang perokok.

“Kalau diingat, kantor saya dulu kecil dan penuh asap rokok. Orang di sekitar saya hampir semuanya merokok, hingga aromanya menempel di baju. Mungkin dari situlah saya yang tidak merokok bisa kena kanker paru,” ujar Sutopo saat diwawancarai beberapa waktu lalu, dilansir dari detikHealth.

Salah satu spesialis paru dari RS Persahabatan, dr Elisna Syahruddin, SpP(K) PhD mengungkapkan bahwa ternyata paparan asap rokok akan berdampak pada pentumbuhan sel kanker yang terpicu untuk mengembang, terutama bagi perokok pasif.

“Rokok dan asapnya menjadi faktor risiko yang dpaat dikendalikan, berbeda dengan umur, jenis kelamin, dan riwayat dalam keluarga. Mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, memilki riwayat kanker dalam keluarga, atau pernah menderiya kanker sebelumnya berisiko lebih besar mengalami kanker paru. Untuk perokok, mereka harus segera menghentikan kebiasaan yang berbahaya bagi diri sendiri dan lingkungannya,” ungkap dr Elisna.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...