Bisakah Kita Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa?
ilustrasi

Bisakah Kita Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa?

Sabtu, 25 Apr 2020 | 19:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mimpi basah terjadi ketika seseorang berejakulasi saat sedang tidur setelah menerima rangsangan seksual lewat mimpi. Lalu, bagaimana jika Anda mimpi basah saat puasa? Adakah cara untuk mencegah mimpi basah saat puasa?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, penting untuk memahami kenapa Anda bisa mengalami mimpi basah.

Apa penyebab mimpi basah?

Sebelum menjawab bisa tidaknya mencegah mimpi basah saat puasa, Anda perlu tahu dulu mengapa Anda bisa mengalami fenomena satu ini.

Mimpi basah disebabkan oleh naiknya kadar hormon testosteron yang terjadi di tubuh laki-laki saat pubertas. Setelah tubuh Anda memproduksi testosteron, Anda dapat mengeluarkan air mani bersperma lewat ejakulasi penis yang ereksi.

Selama seorang pria masih memproduksi hormon testosteron, tubuh akan terus memproduksi air mani yang bisa dilepaskan melalui ejakulasi, bahkan ketika Anda tidur. Itu artinya, baik laki-laki remaja maupun pria dewasa tetap bisa mengalami mimpi basah bahkan setelah keluar dari masa puber.

Selama fase tidur REM (rapid eye movement), normal bagi laki-laki untuk mengalami ereksi. Ada bagian tertentu dari otak yang dimatikan saat tidur REM, sehingga ketika Anda tengah tertidur, otak “mengabaikan” gerak-gerik penis.

Jika normalnya pada siang hari otak bisa mengendalikan penis untuk memastikan ereksi hanya terjadi ketika diperlukan, saat tidur REM penis bebas melakukan apa yang ia mau. Jika Anda kebetulan memiliki mimpi yang erotis selama periode tidur ini, Anda bisa mengalami ereksi dan berejakulasi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...