BKPM: Jepang Tertarik Kembangkan Pertanian Indonesia

BKPM: Jepang Tertarik Kembangkan Pertanian Indonesia

WinNetNews.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyebut Jepang tertarik mengembangkan pertanian Indonesia.

"Mereka menyebutkan bahwa di bidang pertanian mereka memiliki suatu potensi yang besar. Salah satunya terkait dengan kerja sama dengan teknologi Jepang khususnya perbaikan mutu tanah dan irigasi yang dapat meningkatkan produktifitas pertanian Indonesia secara signifikan," ujarnya,di lansir dari Merdeka, Selasa (24/11/2015).

Berdasarkan data BKPM, minat investasi sektor pertanian mencapai USD 41 juta sepanjang 22 Oktober 2014 hingga 20 November 2015. "Dari sektor lainnya seperti infrastruktur misalnya telah terealisasi dalam bentuk komitmen investasi sebesar USD 5 miliar."

Sepanjang periode itu, komitmen investasi Jepang mencapai USD 19 miliar. Investasi sebanyak USD 6 miliar diantaranya sudah memiliki izin prinsip.

Sementara, komitmen serius yang diharapkan bisa segera memiliki izin prinsisp mencapai USD 31 miliar.

"Jepang ini merupakan salah satu kontributor utama kita dalam realisasi pencapaian target realisasi investasi. Nilai investasi Jepang mencapai USD 2,5 miliar dengan 1,318 proyek."