BKPM : Tahun 2016 Ingin Tarik Investasi Rp 595 Triliun

Muchdi
Muchdi

BKPM : Tahun 2016 Ingin Tarik Investasi Rp 595 Triliun

WinNetNews.com - Target realisasi investasi tahun depan mencapai Rp 595 triliun, data yang disebutkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani. Dia juga mengatakan saat ditemui di gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa, 13 Oktober 2015. "Tentunya kita sudah mulai persiapkan sejak sekarang,"

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menuturkan ada tiga langkah yang akan dilakukan BKPM untuk mencapai target tersebut. Pertama, Franky menegaskan akan mempermudah pelayanan semua proses perizinan. Kelak, izin investasi bisa terbit dalam waktu tiga jam.

Kedua, BKPM akan memberikan pendampingan kepada investor yang sedang dalam tahap konstruksi dan mengalami kesulitan mengakses fasilitas listrik dan gas. BKPM akan membantu mengkoordinasikan investor itu dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, termasuk PLN dan PGN.

BKPM juga siap membantu investor yang mengalami hambatan atau kendala terkait dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW). Untuk itu, lembaga ini akan bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Franky mencontohkan ada perusahaan yang telah membeli lahan, tetapi ternyata berdasarkan RTRW, lahan tersebut tidak diperuntukkan untuk industri. Ketiga, Franky menegaskan kalau BKPM akan terus berupaya meningkatkan iklim investasi di Indonesia.

Tahun ini target realisasi investasi BKPM adalah Rp 520 triliun. Pada semester I tahun ini, realisasinya sudah mencapai Rp 259,7 triliun, atau meningkat 16 persen dari periode yang sama tahun lalu. "Kami yakin target investasi tahun ini dapat terlampaui, perkiraannya bisa mencapai sekitar Rp 530 triliun," kata Franky.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});