BMKG:  Pancaroba Hujan Lebat Akan Guyur Wilayah Indonesia
Foto:Ilustrasi

BMKG: Pancaroba Hujan Lebat Akan Guyur Wilayah Indonesia

Senin, 23 Apr 2018 | 10:23 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Menjelang akhir April 2018, BMKG memprediksi cuaca di Indonesia berpotensi hujan lebat. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, BMKG Memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau pada akhir April 2018. Menjelang peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau itu biasanya akan terjadi masa transisi yang salah satunya ditandai dengan hujan lebat.

Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Indonesia sejak Minggu 23/4/2018 menandai itu masuknya musim Pancaroba. BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia sampai 25 April 2018.


"Dalam beberapa hari ke depan, terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia yang memengaruhi peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo.


Tidak hanya itu saja, di perairan Bengkulu-Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Sumbawa, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumba-Pulau Sawu.

Untuk itu masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...