BMKG Prediksi Gunung Anak Krakatau Masih Simpan Potensi Tsunami
Foto:Istimewa

BMKG Prediksi Gunung Anak Krakatau Masih Simpan Potensi Tsunami

Rabu, 26 Des 2018 | 10:11 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan masih adanya potensi kembali tsunami di Pantai Selat Sunda. Kesimpulan itu berdasarkan pengamantan pihaknya, dengan cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di sekitar Gunung Anak Krakatau.

Kepala BMKG, Dwikorita menjelaskan pihaknya bersama dengan Badan Geologi dan Kementerian Kemaritiman terus melakukan pemantauan getaran atau tremor Gunung Anak Krakatau dan kondisi cuaca serta gelombang tinggi pada sekitarnya.

"Seluruh kondisi tersebut dapat sewaktu-waktu dapat berpotensi mengakibatkan longsor kembali tebing kawah Gunung Anak Krakatau ke Laut dan berpotensi memicu tsunami," kata Dwikorita.


BMKG memperkirakan cuaca ekstrem dan gelombang tinggi masih akan terjadi esok Rabu, 26 Desember 2018. Kondisi erupsi vulkanik pun masih terus terjadi dan mengakibatkan getaran-getaran pada dinding kawah Gunung Anak Krakatau.


"Meskipun kondisi cuaca di sekitar Anak Gunung Krakatau yang malam ini diperkirakan hujan ringan, tetapi esok hari diperkirakan berpotensi hujan sedang dan lebat sejak pagi hingga sore hari dan pada malam serta dini hari umumnya berawan dan hujan ringan," tambah Kepala BMKG, Dwikorita. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...