BMKG: Puncak Musim Hujan Terjadi Akhir Januari dan Awal Februari

BMKG: Puncak Musim Hujan Terjadi Akhir Januari dan Awal Februari

Rabu, 27 Jan 2016 | 16:20 | Rusmanto
WinNetNews.com - BMKG memprediksi puncak musim hujan di wilayah Indonesia akan terjadi di akhir Januari dan Februari 2016. Terkait hal ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan langkah-langkah antisipasi demi lancarnya transportasi umum di puncak musim hujan.

"Hampir 90 persen wilayah Indonesia telah memasuki masa musim hujan dan puncaknya akan mencapai pada akhir bulan Januari dan Febuari 2016," ujar Deputi Bidang Metrologi BMKG, Yunus Subagyo dalam jumpa pers di kantor, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (27/1/2016).

Tingginya curah hujan disebabkan oleh Fase MJO (Madden-Jullian Oscillation). MJO sendiri merupakan variasi intraseasonal di daerah tropis yang umumnya berakibat pada anomali angin, suhu muka laut, per-awanan dan intensitas cuaca.

Subagyo mengatakan potensi hujan lebat di Indonesia diperkirakan meningkat pada akhir bulan tersebut. Hal itu ditandai dengan aktifnya monsoun dingin Asia.

 

Dia mengingatkan buruknya kondisi cuaca selama beberapa hari ke depan. Tentu berdampak pada aktivitas transportasi khususnya di laut. "Hal ini berdampak pada gelombang tinggi, potensi gelombang bisa mencapai 4 meter," paparnya.

Sementara Puskom Kemenhub Barata JA mengatakan pihaknya akan segera melakukan langkah-langkah antisipasi terkait pengumuman dari BMKG ini.

"Wajib diperhatikan baik jajaran perhubungan laut, udara maupun kereta api, untuk SOP yang telah dibuat, terlebih ke depan kita akan hadapi liburang panjang pada 6 Febuari nanti, untuk angkutan tingkatkan kordinasi dengan instansi lain, terutama penerbangan dan kereta api tentu juga dengan BMKG. Sedangkan untuk transportasi darat kordinasi dengan korlantas, sebab ini sangat penting," pungkas Barata.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...