BMKG Sebut Ada Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, Warga Diminta Waspada
Ilustrasi pantai di Pacitan

BMKG Sebut Ada Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, Warga Diminta Waspada

Senin, 13 Sep 2021 | 09:58 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat dan pemerintah daerah Pacitan untuk bersiap menghadapi skenario terburuk bencana akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

“Berdasarkan hasil penelitian, di Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit. Adapun tinggi genangan di darat berkisar sekitar 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4 - 6 kilometer dari bibir pantai,” ungkap Dwikorita saat simulasi gempa bumi dan tsunami yang digelar bersama Kementerian Sosial di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dalam keterangan yang diterima Minggu (12/9).

Ia mengatakan masyaraat yang berada di zona bahaya perlu berlatih untuk melakukan evaluasi diri, seperti segera mengungsi ke daratan yang lebih tinggi jika merasakan goncangan gempa yang besar.

“Untuk masyarakat yang berada di pantai, tidak perlu menunggu perintah, aba-aba, atau sirine, segera lari karena waktu yang dimiliki hanya sekitar 29 menit, sedangkan jarak tempat yang aman yang lebih tinggi cukup jauh,” imbuhnya.

Menurutnya meski masih bersifat seknario atau potensi, tetapi masyarakat dan pemerintah harus sudah siap dengan segala kemungkinan terburuk.

“Jika masyarakat terlatih maka tidak ada istilah gugup dan gagap saat bencana terjadi. Begitu gempa terjadi, baik masyarakat maupun pemerintah sudah tahu apa-apa saja yang harus dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas tersebut,” tegasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...