BMKG sebut pola lama tidak bisa prediksi cuaca

BMKG sebut pola lama tidak bisa prediksi cuaca

Jumat, 12 Agt 2016 | 19:41 | Rike
WinNetNews.com - Pola lama cara tradisional tak dapat lagi memprediksi perubahan cuaca akhir-akhir ini sebab sering di luar perkiraan semula, ucap Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Region II Jawa Tengah, Joko Siswanto.

"Kami berharap para petani agar tidak melulu menggunakan cara tradisional dalam menentukan cuaca sebelum memulai masa tanam, karena dapat berisiko terhadap hasil panen " terangnya setelah sosialisasi iklim di Kantor Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jumat.Ia menyebutkan perlu ada pola pendampingan sejak awal penentuan masa tanam hingga menjelang puncak panen bertujuan agar para petani dapat memaksimalkan hasil panen dan tak menderita kerugian.

"Saat ini perubahan cuaca tidak dapat diprediksi lagi seperti dulu. Jadi penting sekali adanya patokan yang pasti dari BMKG sebagai panduan informasi secara reguler agar tidak terjadi yang namanya gagal panen," jelasnya.

Ia mengatakan selain penentuan awal tanam dan panen sesuai dengan kondisi cuaca, hal lain yang tak kalah penting adalah penentuan jenis tanaman yang akan ditanam, sebab tidak semua tanaman dapat tumbuh subur di sembarang daerah.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...