BNI Punya 35.955 Agen Tanpa Kantor

BNI Punya 35.955 Agen Tanpa Kantor

WinNetNews.com - Layanan keuangan tanpa kantor (laku pandai/branchless banking ) telah mempunyai 35.955 agen. Jumlah ini hingga akhir kuartal III 2015, hal ini dinyatakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). "Perseroan terus berupaya meningkatkan jumlah agen BRILink dalam rangka meningkatkan pelayanan inklusi keuangan," ujar Corporate Secretary BRI Hari Siaga.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga menuturkan bahwa potensi agen branchless banking tersebut masih sangat besar. Hal itu mengingat mayoritas agen masih terdistribusi di pulau Jawa, Sumatera dan sebagian wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Baca Juga : Bank Mandiri Gandeng Enseval, Perkuat Penyaluran Kredit Mikro

Hari dalam siaran pers yang diterima, dilansir dari Kompas, Kamis (5/11/2015), Mengatakan "Layanan agen BRILink, secara operasional didefinisikan sebagai layanan keagenan dimana BRI bekerjasama dengan pihak ketiga (agen) dalam hal ini nasabah BRI untuk memberikan berbagai layanan perbankan bagi masyarakat, baik nasabah BRI mapun non-nasabah BRI, khususnya masyarakat yang belum terlayani oleh bank secara administratif (unbanked atau unbankable)."

Hari mengungkapkan, perseroan memasang target 50.000 agen pada akhir tahun 2015. Dari jumlah agen BRILink yang telah disebutkan, sebanyak lebih dari 13,2 juta transaksi telah dilayani dengan nilai Rp 20,4 miliar.

 

Jika dibandingkan dengan kuartal II tahun 2015 kemarin, angka transaksi ini melonjak hampir 2 kali lipat.  Untuk periode kuartal II yang berakhir di bulan Juni 2015 lalu, jumlah agen BRILink yang dimiliki BRI sebanyak 32.483 agen dengan jumlah 6,8 juta transaksi dan Rp 10,4 Miliar volume transaksi.

Sementara itu, dari sisi penyebaran dan total jumlah transaksi terbanyak agen BRILink, secara berurutan didominasi agen di Pulau Jawa, Sumatera, dan sisanya di Indonesia bagian tengah dan timur.

"Kendati demikian, jumlah volume transaksi BRILink terbanyak berada di Sumatera, disusul Jawa, dan Indonesia bagian tengah dan timur. Layanan branchless banking merupakan solusi tepat untuk membantu masyarakat di segmen mikro yang mayoritas sebagai pengguna jasa Agen BRILink, sekaligus meningkatkan fee based income dan komposisi dana murah," ungkap Hari.