(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bocoran Google Tentang Android Q yang Serba Gelap

Rusmanto
Rusmanto

Bocoran Google Tentang Android Q yang Serba Gelap ilustrasi

WinNetNews.com - Jika sesuai kebiasaan, Google baru akan mengumbar fitur dan perubahan di Android terbaru pada Mei. Namun XDA Developers sudah mencoba Android anyar itu dan membeberkan sejumlah fitur barunya.

Dari segi tampilan, Android Q mempunyai mode gelap di keseluruhan sistemnya. Berbeda dengan Android 9 Pie yang punya tema gelap namun hanya pada sejumlah bagian tampilan, seperti jendela notifikasi dan launcher aplikasi.

Dari screenshot yang diposting oleh XDA, mode gelap di Android Q merambah sejumlah tempat baru seperti menu pengaturan dan bahkan mungkin bisa memaksa aplikasi untuk ikut mengaplikasikan mode gelap tersebut.

Selain itu, Google pun memperketat aturan terkait privasi pengguna di OS baru tersebut. Contohnya adalah menambah aturan permission baru, seperti hanya membolehkan akses ke sejumlah fitur seperti mikrofon dan kamera ketika aplikasi sedang aktif.

Ada juga mode eksternal display atau desktop mirip Samsung DeX yang tengah digarap oleh Google. Lalu ada fitur perekaman layar yang tersebunyi di pengaturan developer, meski untuk saat in fitur tersebut belum bisa difungsikan.

Fitur Android Q lebih lengkap sepertinya akan diungkap Google di ajang I/O pada Mei mendatang. Dan jika jadwal peluncurannya sama seperti Android Oreo dan Pie, maka Android Q versi penuh akan diluncurkan pada bulan Agustus, demikian dikutip dari The Verge, Kamis (17/1/2019).

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Android Q 'Serba Gelap', Aturan Privasi Lebih Ketat"

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});