Skip to main content

Boleh Nggak Sih Makan Makanan yang Sama Setiap Hari?

setiap makanan memiliki kandungan yang berbeda-beda. Foto: Istimewa
setiap makanan memiliki kandungan yang berbeda-beda. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Kamu sering bingung saat ditanya mau makan apa? Akhirnya kamu makan menu makanan yang sama setiap harinya. Saat sarapan, makan siang, dan makan malam, setiap hari menunya itu-itu saja. Apakah gaya hidup seperti ini menyehatkan?

Makan makanan bervariasi sangat penting dan dibutuhkan untuk tubuh. Namun tidak bisa dipungkiri kalau kesibukan yang kita miliki membuat kita tidak sempat memikirkan menu masakan baru setiap harinya. Nah untuk menyiasatinya, berikut ini ada beberapa fakta yang harus kamu tahu tentang pola makanmu yang itu-itu saja setiap harinya, dilansir dari laman Bold Sky .

1. Jangan Lupakan Buah dan Sayur

Konsumsi menu makanan yang itu-itu saja tidak masalah asalkan diimbangi dengan makan buah dan sayuran. Buah dan sayuran akan membantu melengkapi nutrisi dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Karena meskipun tubuh kita sudah ajaib diciptakan dengan sangat sempurna, kita tetap perlu membantu menjaganya dengan cara, tidak melupakan makan buah dan sayur".

2. Membatasi dan mengontrol makanan

Memakan beragam jenis masakan terutama hidangan yang pedas-pedas bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Rasa pedas memang bisa mendorong keinginan untuk makan lebih banyak. Kecenderungan mengkonsumsi makanan lebih banyak adalah biasanya karena secara tidak sadar kita merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Tapi hal ini tetap bisa dihindari jika kira mengimbanginya dengan makan buah dan sayur.

3. Hati-hati! Kamu bisa alami masalah berat badan berlebih jika makan makanan yang sama setiap hari

Hampir sama dengan point di nomor 2, makanan makanan yang sama setiap harinya akan membuat kamu merasakan bosan. Hal ini pun akibatnya bisa membuat kamu memiliki hasrat makan lebih banyak untuk memakan berbagai makanan. Khawatirnya jika kamu tidak bisa mengontrol diri, kamu akan makan makanan junk food secara berlebihan untuk memuaskan keinginanmu. Jika ini dibiarkan kamu akan mengalami obesitas alias kelebihan berat badan.

4. Jangan merasa aman meskipun konsumsi makanan yang sama setiap hari diperbolehkan

Walaupun mengkonsumsi makanan yang sama setiap harinya diperbolehkan, tetapi jangan biarkan ini berlangsung selamanya secara terus-menerus. Konsumsi makanan yang sama dalam jangka panjang bisa membuat tubuh kita menerima asupan nutrisi yang sama setiap harinya. Hal ini pun akan mengakibatkan tubuh kita kekurangan vitamin dan mineral.

5. Tubuh kita perlu keragaman nutrisi

Konsumsi makanan serupa tiap harinya bisa menghalangi tubuh mendapatkan nutrisi penting lainnya, meskipun kamu sudah mengkonsumsi makanan yang paling bernutrisi. Misalnya kamu sudah menyiapkan beberapa makanan dengan nutrisi tinggi, tapi belum tentu dalam makanan yang (sama) kita makan tiap hari menngandung probiotik dan prebiotik. Jadi makan makanan yang sama setiap hari memang sangat tidak disarankan, mengingat setiap makanan memiliki kandungan yang berbeda-beda. Tubuh kita membutuhkan banyak sekali nutrisi dan tidak semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dapat di sediakan dalam 1 menu makanan. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun harus teoat proporsinya agar tetap sehat.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top