Bolehkah Bermain Game saat Menjalani Puasa? Ini Penjelasannya
Ilustrasi

Bolehkah Bermain Game saat Menjalani Puasa? Ini Penjelasannya

Jumat, 10 Mei 2019 | 13:15 | Daniel

Winnetnews.com - Pada usia anak-anak hingga remaja, salah satu sumber hiburan datang dari game baik itu di ponsel maupun personal computer atau PC. Saat ini seiring berkembangnya era digital, semua bisa memainkan game berkualitas dengan mudah.

Namun tahukah kamu apa hukumnya bermain games saat menjalankan ibadah puasa? Mengutip Antara, menurut Ustadz Mahbub Maafi, bermain games mengandung nilai positif. Dan selama tidak mengandung unsur judi, maka itu diperbolehkan.

Menurutnya, selama bermain game tidak membuat si pengguna melalaikan kewajibannya sebagai muslim, maka sah-sah saja. Selain itu patut diperhatikan juga dampak dari game itu sendiri. Jika memang malah menimbulkan dampak yang tidak baik seperti jadi malas dan mengurangi etos kerja, maka itu bisa jadi makruh.

Akan tetapi games yang beredar saat ini memiliki macam-macam tema permainan, tidak jarang pula yang memiliki unsur kekerasan. Menurut Ustadz Mahbub, game bisa menjadi haram apabila mengandung konten romantisme dan seksualitas.

Lantas games seperti apa yang harus dihindari saat menjalani ibadah puasa? Menurut Ustadz Mahbub, sebenarnya yang paling aman adalah menghindari bermain games saat menjalani ibadah puasa. Namun, selama konten dari game tersebut aman, maka sebenarnya tidak ada masalah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...