Bolehkah Minum Air Dingin Saat Flu?
ilustrasi

Bolehkah Minum Air Dingin Saat Flu?

Selasa, 30 Jul 2019 | 14:05 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia, yakni kita sebaiknya tidak minum air dingin saat terkena flu karena bisa membuat masalah kesehatan ini akan menjadi semakin parah. Sebenarnya, apakah memang anggapan ini sesuai dengan fakta kesehatan?

Penyebab datangnya flu

Flu atau yang juga dikenal sebagai influenza adalah salah satu penyakit sejenis infeksi yang menyerang saluran pernapasan. Penyebab dari infeksi ini biasanya adalah virus, yakni virus ribonucleic acid (RNA). Gejala yang akan muncul akibat penyakit ini adalah peningkatan suhu tubuh, demam, badan yang terasa meriang, nyeri tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, rasa lelah, dan terkadang disertai dengan batuk.

Penyakit yang sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang ringan ini cukup mudah ditularkan ke orang lain. Proses penularannya juga bisa melalui udara, khususnya jika kita berada di dalam satu ruangan yang sama dengan penderita masalah ini.

Media lain yang bisa menjadi penularan virus flu adalah air liur, ingus, hingga kotoran dari hidung. Karena alasan inilah sebaiknya kita berhati-hati jika bersentuhan dengan tangan orang lain yang sedang terkena flu.

Meskipun begitu, normalnya sistem kekebalan tubuh kita sudah cukup kuat untuk menangkal virus flu. Hanya saja, jika daya tahan tubuh kita sedang menurun karena tubuh sedang kurang fit, bisa jadi virus ini bisa masuk ke dalam tubuh dan memicu infeksi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...