Bondowoso Akan Segara Miliki Museum Kereta Api

Bondowoso Akan Segara Miliki Museum Kereta Api

Jumat, 12 Agt 2016 | 08:06 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Museum Kereta Api kini tidak hanya di Ambarawa saja. Akan segera hadir Museum Kereta Api di Bondowoso yang akan diresmikan tepat pada peringatan hari kemerdekaan pada Rabu pekan depan, 17 Agustus 2016. Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengatakan stasiun kereta api tersebut merupakan yang pertama di Jawa Timur.

Bupati Amin menjelaskan pembangunan Museum Kereta Api ini berawal dari potensi bangunan gedung Stasiun yang memiliki banyak sejarah di dalamnya. Selain itu, kondisi serta arsitektur bangunan yang khas dan masih bagus.

Dibalik megahnya Stasiun Bondowoso terselip sejarah kepahlawanan yakni peristiwa gerbong maut. Dan memang stasiun ini sudah tidak memiliki aktivitas layaknya stasiun lainnya. "Nah kami ajak PT KAI untuk memfungsikan Stasiun KA Bondowoso sebagai museum," ujar Amin.

Amin mengatakan sejarah, model bangunannya serta koleksinya nanti, diyakini bakal menjadi daya tarik pengunjung museum. Menurut dia akan didatangkan lokomotif jadul sebagai koleksi museum kereta. Juga gerbong maut yang asli. Selain menjadi obyek wisata, museum tersebut nantinya juga akan menjadi obyek wisata pendidikan.

Selain menjadi museum, rencananya akan segera diluncurkan jalur kereta wisata Bondowoso-Tamanan.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...