Bonus Peraih Medali Akan Diberikan Sebelum Acara Penutupan Asian Para Games 2018

Bonus Peraih Medali Akan Diberikan Sebelum Acara Penutupan Asian Para Games 2018 istimewa

WinNetNews.com - Pemerintah akan mengucurkan bonus secepatnya kepada peraih medali Asian Para Games 2018. Bonus diserahkan pada Sabtu, sebelum penutupan. 

Hingga hari ke enam Asian Para Games 2018 total Indonesia telah mencatatkan 24 emas 33 perak dan 39 perunggu. Masih ada dua hari lagi untuk menambah pundi-pundi medali.

Seperti Asian Games 2018 lalu, pemerintah juga menyiapkan bonus yang sama kepada para atlet peraih medali di ajang olahraga multievent disabilitas tersebut. Tak ada perbedaan nominal, untuk medali emas akan mendapatkan Rp 1,5 milar, medali perak Rp 500 juta dan Rp 250 juta.

Menpora Imam Nahrawi mengungkapkan pemerintah memberikan bonus tersebut pada Sabtu (13/10) tepatnya sebelum penutupan. Rencananya, Presiden Joko Widodo turut serta menyerahkan hadiah itu.

"Ya benar. Bonus akan kami berikan Sabtu, sebelum penutupan, sebelum keringatnya kering," kata Imam saat ditemui di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Imam menjelaskan pada awalnya ia menyiapkan dana bekisar Rp 204 miliar dengan maksimal 20 medali emas. Akan tetapi, kontingen Indonesia terus menambah catatan medali tersebut.

Untuk mensiasatinya, Imam menyebut akan berusaha memotong dana yang tak terserap di Kemenpora untuk dialokasikan ke dalam bonus tersebut. Ini menurutnya sudah komitmen pemerintah untuk menghargai jerih payah para atlet yang telah berjuang membawa nama Indonesia.

"Jadi kami akan melakukan penyisiran di internal Kemenpora. Anggaran yang tak terserap dan tidak bisa dilaksanakan seperti rapat-rapat, kunjungan-kunjungan atau seminar akan kami potong," kata dia. 

Tak hanya bagi atlet peraih medali, pria asal Bangkalan itu menyebut akan memberikan bonus bagi seluruh atlet Asian Para Games 2018.

"Kami berharap setelah bonus atlet peraih medali, kami bisa memberikan cepat kepada atlet yang tak mendapatkan medali. Seperti di Asian Games, mereka mendapatkan Rp 20 juta," katanya. (detiksport)