Bro n Sits.. Inget Ya, Bulan Oktober Bayar Tol Harus Pakai Uang Elektronik
Foto: cepamagz.com

Bro n Sits.. Inget Ya, Bulan Oktober Bayar Tol Harus Pakai Uang Elektronik

Jumat, 5 Mei 2017 | 11:27 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Teman-teman, harus diinget nih ya, pada Oktober 2017 mendatang, seluruh layanan di gerbang tol di Indonesia sudah menggunakan layanan non tunai. Jadi pelayanan bayar tunai sudah ditiadakan.

Dalam keterangannya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan saat ini pihaknya tengah mengganti salah satu komponen di alat pembaca kartu di beberapa gerbang tol untuk diujicobakan setelah Lebaran nanti.

Adanya penggantian komponen tersebut akan membuat seluruh kartu bisa dibaca transaksinya oleh alat mesin pembaca yang ada.

"Mesinnya sudah, cuma di dalamnya aja sedikit. Yang diganti SAM Multiapplet nya, untuk bisa membaca semua kartu. Oktober itu nanti sudah bisa baca semua," katanya di Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Jalan tol Cikopo dan Waru Juanda akan menjadi ruas pertama untuk uji coba transaksi dengan semua kartu tol dari bank manapun.

"Lagi mau diujicoba, yang pertama di Cluster 1 yang di Cikopo sama yang di Waru Juanda. Nanti kalau udah selesai, langsung kita ganti untuk semua. Jadwalnya kalau kemarin sih bicaranya setelah Lebaran," tutur dia.

Menurutnya, proses penggantian komponen pembaca kartu di alat tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Begitu pula dengan investasi. Adapun penggantiannya dibebankan menjadi tanggung jawab semua BUJT.

"Enggak terlalu besar (investasinya). Karena kita sudah pasang reader juga, pakai reader yang sama tapi diganti alatnya sedikit di dalam sehingga bisa dibaca oleh semua kartu," pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...