Bro & Sist! ini Ciri-ciri Tubuhmu Kurang Olahraga!

Rani
Rani

Bro & Sist! ini Ciri-ciri Tubuhmu Kurang Olahraga!

winnetnews.com - Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kurang berolahraga dapat memperburuk kesehatan, bahkan dapat mengakibatkan kematian dini. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang dialami seseorang jika kekurangan olahraga.

Jika mengalami sulit tidur pada malam hari bisa menandakan bahwa mungkin kurang olahraga secara teratur. Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan waktu tidur dan membuat orang merasa lebih mementingkan beristirahat dengan baik sepanjang hari.

Kurang olahraga juga bisa mengakibatkan napas terengah-engah saat jalan kaki sebentar. Dengan cukup berolahraga, menjaga kemampuan tubuhmu untuk secara efektif dan efisien mengeluarkan oksigen dari paru-paru ke jantung saat kamu berusaha keras. Olahraga yang teratur dapat memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah serta kesehatan paru-paru.

Tidak berolahraga secara teratur juga bisa menurunkan kemampuan metabolisme tubuh. Olahraga adalah cara terbaik untuk mengimbangi perubahan metabolisme. Selain itu, jika dengan mengangkat beban berat otot terasa sakit bahkan mengalami cedera, bisa jadi itu terjadi karena tubuh kekurangan aktivitas fisik seperti olahraga.

Olahraga juga bisa mengubah mood seseorang. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang tidak cukup berolahraga menjadi seorang yang mudah marah dan mudah sedih. Tidak hanya itu, ternyata kurang olahraga juga memungkinkan seseorang mengalami depresi. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa olahraga memiliki efek pada neurotransmiter seperti kadar serotonin dan dopamin di otak yang bisa membantu membuat kita merasa bahagia.

Dengan bertambahnya usia, kekuatan tulang akan menurun. Ditambah dengan kurang gerak, maka akan memperburuk kekuatannya. Dengan berolahraga, seseorang akan meningkatkan massa tulangnya dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Percaya atau tidak, kurang olahraga bisa mengakibatkan kematian dini. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kanker tertentu dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Ternyata olahraga teratur dikaitkan dengan penurunan 30 persen semua penyakit penyebab kematian.

Apa Reaksi Kamu?