BTS Disebut "Pembuka Jalan" Artis K-Pop Ke Amerika, Netizen Korea Bingung Fans Internasional Tak Mau Akui!
Foto: Pinterest.com

BTS Disebut "Pembuka Jalan" Artis K-Pop Ke Amerika, Netizen Korea Bingung Fans Internasional Tak Mau Akui!

Senin, 29 Jun 2020 | 14:24 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  Belum lama ini, Netizen Korea membahas topik yang sering kali menjadi perdebatan oleh penggemar K-Pop internasional. Istilah "pave the way" atau pembuka jalan tengah menjadi perbincangan hangat para penggemar K-Pop belakangan ini. 

Sebuah postingan di Theqoo baru-baru lama ini membahas tentang istilah bahwa BTS "paved the way" alias membuka jalan genre musik K-Pop sehingga lebih diterima di pasar musik Amerika. Seperti diketahui, popularitas BTS secara global memang tak bisa dibantahkan, khususnya di Amerika.

image0
BTS via Theqoo.net
image1
BTS via Theqoo.net
image2
BTS via Theqoo.net

Namun, topik tersebut menjadi perdebatan yang tampaknya tidak ada ujungnya karena tak ada yang bisa mencapai kesepakatan tentang siapa yang membuka jalan untuk pencapaian terbesar K-Pop saat ini di Amerika. Postingan tersebut mengungkapkan bahwa bukan masalah siapa yang pertama "membuka jalan" tetapi pertanyaannya adalah siapa yang punya pengaruh paling besar untuk mempermudah jalan untuk generasi berikutnya. 

image3
BTS via Theqoo.net
image4
BTS via Theqoo.net

Faktanya, cukup banyak artis K-Pop sebelum BoA dan TVXQ membuka jalan ke pasar Jepang. Sayangnya, tidak ada yang menyebut bahwa para artis sebelum mereka adalah yang membuka jalan karena pengaruh mereka tidak terlalu besar. Postingan tersebut bertuliskan:

Penggemar K-Pop internasional setiap hari saling berdebat mempertanyakan apakah BTS membuka jalan masuk ke pasar musik Barat. Tentu saja hal ini menarik perhatian netizen Korea yang mengaku heran mengapa penggemar K-Pop internasional sulit mengakui bahwa BTS sebagai "Paved the Way".

"Memang benar bahwa BTS "paved the way'," kata seorang netter dikutip Nate.

"Bukankah itu fakta bahwa K-Pop tidak memiliki pengakuan di dunia barat sebelum BTS?," sahut netter lain.

"Bukankah ini fakta? Karena BTS, mereka membuka jaringan distribusi untuk idol K-Pop dan orang-orang juga menjadi lebih tertarik pada K-Pop. Kalian benar-benar tidak dapat menyangkal ini," seru netter lain.

"Aku bukan penggemar BTS di masa lalu atau sekarang. Tapi bukankah itu fakta bahwa setelah BTS, pasar musik telah berkembang? Menarik bahwa orang-orang masih menyangkalnya," komentar netter lain.

"Aku sangat terkejut bahwa mereka memperdebatkan pernyataan yang begitu jelas. Sejujurnya, PSY tidak memiliki fandom. Yang menarik fandom dari Amerika adalah BTS," pungkas yang lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...