Buah Berikut Ini Aman untuk Gula Darah Pengidap Diabetes

Rusmanto

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Buah Berikut Ini Aman untuk Gula Darah Pengidap Diabetes
ilustrasi
Winnetnews.com -  Buah tidak hanya segar dan mengganjal lapar, tapi juga menjadi camilan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Meski begitu, Anda mungkin tahu bahwa sebagian besar buah tinggi gula. Walaupun yang terkandung adalah gula alami, gula darah tetap bisa melonjak. Maka dari itu, jika Anda memiliki diabetes atau penyakit gula, penting untuk memilih jenis buah yang baik. Inilah beberapa daftar buah yang aman untuk penderita diabetes.

Buah yang aman untuk diabetes

image0

Anda mungkin pernah kalau pengidap diabetes sebaiknya tidak makan buah untuk camilan karena kebanyakan rasanya manis atau tinggi gula. Padahal faktanya, buah termasuk makanan paling baik untuk diabetes.

American Diabetes Association (ADA) mengatakan bahwa diabetesi (sebutan untuk orang dengan penyakit diabetes) boleh makan buah apa pun asalkan cermat menakar porsinya dan memastikan tidak punya alergi buah.

Penelitian dari Denmark dalam Nutrion Journal bahkan melaporkan membiasakan makan setidaknya dua potong buah sehari dalam 12 minggu mengurangi kadar glukosa dalam darah dan menurunkan berat badan.

Namun, tentunya tidak semua buah direkomendasikan untuk penyakit gula. Buah yang dimakan harus memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55. Indeks glikemik (IG) adalah ukuran kecepatan suatu makanan untuk diproses menjadi gula darah oleh tubuh.

Dari begitu banyak pilihan buah di luar sana, ada beberapa buah yang aman untuk diabetes, di antaranya:

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...