Buah Kering Aman Gak Sih Kalau Dimakan?

Buah Kering Aman Gak Sih Kalau Dimakan? Foto: Pexels

WinNetNews.com - Ya, buah kering yang sering kalian lihat ternyata memiliki kandungan vitamin yang baik, termasuk kismis, kurma kering, buah ara kering dan plum.

Alasannya adalah bahwa nutrisi dan serat lebih terkonsentrasi saat air dikeluarkan dari buah. Sebagai perbandingan, setengah cangkir bagian aprikot kering memiliki 4,7 gram serat, namun jumlah irisan aprikot yang sama memiliki 1,6 gram serat. Buah kering juga kaya akan sumber antioksidan dan vitamin B folat.

Satu studi epidemiologi besar yang melibatkan lebih dari 13.000 individu, menemukan bahwa pemakan buah kering memiliki asupan nutrisi yang lebih baik,  dan bisa mengurangi berat badan, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya, seperti dikutip dari CNN.

Namun, penting untuk diingat bahwa gula alami pada buah kering juga lebih terkonsentrasi, yang tidak harus menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat dan bermanfaat bagi atlet yang membutuhkan bahan bakar cepat. Tapi ini bisa menjadi masalah bagi mereka yang dengan hati-hati mengamati gula, karbohidrat, atau kalori mereka.

Misalnya, secangkir anggur memiliki 23 gram gula dan 104 kalori, tapi secangkir kismis memiliki 116 gram gula! Dan itu memiliki 520 kalori - lima kali lipat jumlahnya!

Menurut pedoman diet AS, yang mendorong konsumsi 1½ sampai 2 cangkir buah setiap hari, setengah cangkir buah kering dihitung sebagai satu cangkir.

Bagi penderita diabetes  harus  hati-hati memakan karbohidrat sepanjang hari, ada aturan yang berbeda berlaku.

"Ketika mendidik klien, banyak ahli diet dan pendidik diabetes merekomendasikan untuk mempertimbangkan 2 sendok makan buah kering sebagai satu porsi (15 gram) karbohidrat," kata Lori Zanini, ahli diet terdaftar dan pengajar diabetes bersertifikat.

Misalnya, 2 sendok makan kismis setara dengan 15 gram karbohidrat, tapi untuk jumlah karbohidrat yang sama, kamu bisa makan setengah cangkir anggur merah, jelasnya. Kamu juga bisa makan setengah dari blewah, minus beberapa gigitan (setengah dari blewah kecil memiliki 18 gram karbohidrat).

Secara keseluruhan, buah kering bisa menjadi makanan ringan yang bergizi, terutama bila dicampur dengan kacang.. Tapi jika gula, karbohidrat atau kalori menjadi perhatian, pastikan untuk menghitung porsi buah kering, karena mudah menggigit tanpa rasa takut.

Selain itu, batasi buah kering yang mengandung gula tambahan (cranberry sering menjadi penyebab, menurut Zanini) atau dilapisi gula, seperti buah manisan lainnya.

Jika kamu sensitif terhadap sulfit atau menderita asma, pilih merek buah kering yang tidak mengandung belerang dioksida, pengawet.