Buah Kurma Bisa Membunuh Sel Kanker Lho

Buah Kurma Bisa Membunuh Sel Kanker Lho Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Ketika bulan Ramadhan pasti kita bakalan sering melihat buah kurma bertebaran dimana-mana. Namun tidak banyak yang tau kalau sebenarnya kurma itu bisa membunuh sel kanker yang ada pada tubuh.

Kurma punya segudang khasiat yang bisa melindungi tubuh dari racun, mengandung zat anti kanker dan juga punya kadar gula yang tinggi serta sangat baik sebagai sumber protein.

Menurut ahli kesehatan, kurma memiliki komposisi 70% zat gula, 20% protein, dan 3% lemak. Buah tersebut mengandung zat besi dan mengandung vitamin B dan C.

Penelitian di Mesir mengungkap bahwa penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya mengonsumsi kurma. Hal ini dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang mematikan sel kanker.

Mayoritas penduduk jazirah arab atau yang tinggal di wilayah sahara atau oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok mereka. Kurma adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa, sehingga dapat menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.

Di samping manfaat yang dimiliki buah ini, ternyata kurma dengan keistimewaannya disebutkan di dalam Alquran. "Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini," bunyi Surah Maryam Ayat 25-26.

Buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk menjelaskan sebuah hadits Shahih Bukhari, Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang pada pagi hari memakan tujuh buah kurma aliyah, tidak akan terkena racun atau sihir pada hari itu".

Rasulullah memiliki kebiasaan memakan kurma masak. Kurma masak ini memiliki nilai gizi yang tinggi, bisa memperkuat liver, merelaksasi usus, menambah kesuburan, dan juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan.