Buah Kurma, Si Kaya Nutrisi Dari Timur Tengah

Buah Kurma, Si Kaya Nutrisi Dari Timur Tengah

Jumat, 22 Apr 2016 | 21:00 | Rike
WinNetNews.com-Rasa kurma legit dan manis memang tak perlu diragukan lagi. Namun bagaimana dengan kandungan gizi dalam buah ini? Dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., doktor spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta mengatakan, kurma memiliki kandungan karbohidrat, protein,lemak tumbuhan, vitamin, mineral, juga serat.

1. Kurma aman untuk penderita diabetes.

Jenis karbohidrat pada kurma sendiri merupakan karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa merupakan karbohidrat yang telah siap serap dan membutuhkan insulin dalam penyerapannya. Sementara fruktosa adalah gula yang ada dalam buah. Untuk masuk ke dalam sel, fruktosa tak butuh insulin, dengan demikian kurma aman untuk pengidap Diabetes Melitus (DM). Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat. Dan buah ini juga diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink.

2. Kurma tak mengandung lemak.

Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, ahli gizi dari Nutrifood Research Center, menyebutkan bahwa kurma tak mengandung lemak, bebas lemak jenuh, kolesterol, dan sodium jadi merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Dan kurma pun mengandung potasium dan mangan. Malah menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kurma miliki total polifenol yang lebih tinggi dibanding buah atau sayur yang umumnya Anda konsumsi. Hal ini sebab lingkungan tempat kurma tumbuh adalah lingkungan yang kering seperti gurun sehingga polifenol lebih banyak terbentuk sebagai bentuk perlindungan buah kurma dari stres. Kurma juga menjadi buah yang paling sedikit kadar airnya yaitu 15-30% saja yang bervariasi berdasarkan tingkat kematangannya. ”Inilah yang membuat kurma menjadi satu-satunya buah yang kering secara alami,” tutup Fendy.

Sumber:menshealth.co.id

Foto: http://mamabee.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...