Buat yang Suka Minum Kopi, Ini Loh Saran dari Dokter Jantung

Buat yang Suka Minum Kopi, Ini Loh Saran dari Dokter Jantung Ilustrasi minum kopi ( Foto-Istimewa)

WinNetNews.com  - Bagi yang suka, secangkir kopi di pagi hari rasanya sungguh nikmat. Tapi ada kekhawatiran bahwa asupan kafein membuat kerja jantung makin terbebani. Bagaimana sebaiknya?

Dokter jantung yang juga penulis buku, dr Vito A Damay, SpJP(K) menegaskan bahwa kopi tidak secara langsung menganggu kesehatan. Sebaliknya, dalam takaran tertentu justru baik untuk menangkal penyakit.

"Sebenarnya gak masalah sama sekali sih, soalnya kopi kan memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh," saat ditemui, seperti dikutip dari situs  detikHealth, Minggu, (30/9/2019).

Menurut dr Vito, yang menjadi masalah adalah 'teman-teman' kopi yakni creamer dan gula. Seringkali, mereka ditambahkan untuk memberikan citarasa tertentu dan jika berlebihan maka bisa memmicu penyakit jantung dan kolesterol.

Soal takaran maksimal, dr Vito menyarankan untuk tidak lebih dari dua cangkir sehari. Menurutnya, itu adalah takaran ideal agar tidak kelebihan kafein.

"Maksimal dua gelas dalam sehari, itu juga cangkir yang ukuran biasa yah, bukan cangkir opa-opa yang besar banget," pesannya.