Bubur Ayam Populer Di Indonesia

Nadia Chevina
Selasa, 01 September 2015 15:22 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Selasa, 01 September 2015 15:22 WIB
Image Bubur Ayam Populer Di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal makanan lezat ini. "Bubur Ayam" ! Yap. Makanan yang biasa dijadikan sarapan bagi orang Indonesia ini, ditiap daerahnya juga memiliki bubur ayam dengan ciri khas masing-masing. Melansir laman okezone, ada beberapa bubur ayam yang populer di Indonesia. Mau tahu dimana saja ? Yuk disimak ..

Bubur Cianjur

Bubur ayam khas Cianjur, Jawa Barat ini biasanya dibumbui kecap asin dan kuah bumbu pepes. Kuah tersebut terbuat dari kaldu ayam dengan paduan bumbu pepes dan riisan daun bawang, hati ampela dan kentang. Sebagai pelengkap, bubur ini diberi taburan kacang kedelai goreng, emping dan kerupuk putih khas Cianjur.

Bubur Ase

Nama bubur ase diambil karena bubur ini disiram dengan kuah semur di atasnya dan diberikan asinan sayur. Ase sendiri merupakan singkatan dari kata asinan semur.

Bubur yang terbuat dari beras dan campuran santan kelapa ini dilengkapi dengan daging sapi, kentang dan tahu. Asinan sayur juga ditambahkan seperti potongan wortel, mentimun, taoge dan sawi.

Bubur Sukabumi

Bubur ayam khas Sukabumi biasanya menggunakan racikan bumbu soto. Sebagai taburan, diberikan cah sawi asin, semur kentang, mentimu, tahu goreng, cakwe dan kulit pangsit goreng di atasnya.

Bubur Mengguh

Dalam bahasa Bali, bubur mengguh kerap disebut dengan sebutan bubuh. Hidangan ini memang khas Bali dan sering disajikan dalam upacara adat, seperti kelahiran dan lain sebagainya.

Bubur ini terbuat dari beras dan santan serta disuhuhkan dengan ayam berbumbu yang disuwir, kacang, bawang goreng, serundeng dan disiram dengan kuah ayam kental. Umumnya, hidangan bubur ini disajikan dengan urap sayur.

Bubur Tinutuan

Bubur tinutuan adalah bubur khas Manado yang dimasak bersama sayuran. Biasanya, sayuran yang digunakan adalah daun melinjo, kemangi dan kangkung. Berbagai pelengkap diberikan seperti umbi dan jagung manis.

Sebagai penambah rasa, bubur ini juga diberikan ikan tongkol atau ikan asin serta nikmat disajiakn dengan sambal dabu-dabu atau sambal terasi.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Perang Dagang Amerika dan China Makin Panas, Investor Ramai-ramai Tahan Dana

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.