(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Budaya Natal Barat yang Sering Jadi Mimpi Anak Indonesia

Liani
Liani

Budaya Natal Barat yang Sering Jadi Mimpi Anak Indonesia
WinNetNews.com - Selamat Natal! Sepanjang bulan Desember umat Kristen disibukkan dengan perayaan Natal. Gak mesti tanggal 25 karena kalo semuanya bikin acara di tanggal tersebut, gak akan ada dong yang namanya tamu undangan. Oh ya, omong-omong soal Natal, anak-anak Indonesia cukup sering terekspos budaya Natal barat di mana film jdi salah satu mediumnya. Umat minoritas di belahan timur macam Indonesia ini jadinya nerima-nerima aja deh. Padahal kan Natal gak mesti kayak di barat. Berikut beberapa hal-hal klise tersebut:

1. Salju

image0

Hal pertama yang melintas di pikiran jika bicara soal Natal di belahan dunia barat. Karena Natal di sana jatuh pada musim dingin, wajar dong mereka menikmati salju. Lha Indonesia kan negara tropis. Kemungkinan turun salju hampir gak ada, kecuali... ah MBDC gak mau ngelanjutin. Pokoknya yang ini mimpi banget deh.

2. Pohon Natal Beneran

image1

Bukan plastik, tapi pohon Natal yang bener-bener pohon, autentik, beneran kayu, terbuatnya dari pohon ek, jati juga gak apa-apa. Di Amerika bagian midwest atau yang masih pedesaan gitu, nyarinya masih gampang, gede pula. Tapi kan ada baiknya ya jangan nebang pohon sembarangan, apalagi cuma untuk pohon Natal yang gak lebih dari sekedar simbol kemeriahan. Jadilah anak Indonesia kenalnya pohon plastik doang.

3. Liburan Jauh

image2

Kalo merujuk pada Home Alone 2 (yailah referensinya jadul tapi bodo amat), orang-orang pada ninggalin rumah besarnya dan bepergian jauh sekeluarga. Mungkin itu buat kelas menengah ke atas aja kali ya. Kalo di sini, gak bisa banget pergi liburan pas Natal. Nanti gerejanya pada sepi dong, gak ada anak-anak yang baca liturgi. Kalo mau liburannya ditunda ampe Imlek.

4. Makan Malam Keluarga

image3

Dengan menu kalkun. Jarang banget kan ya? Ya walaupun di sana identiknya dengan Thanksgiving, tapi kalkun tetep jadi pilihan mewah. Makannya di malam Natal bersama keluarga tercinta. Di sini udah mulai ada sih, tapi harus disesuaikan dengan jam ke gereja. Ya bilanglah ini mimpi yang jadi kenyataan.

5. Kaos Kaki Isi Kado

image4

Yang diisi dengan kado dari orang-orang tersayang. Bagi anak kecil di dunia barat ini adalah hal yang sangat diidamkan, bahkan ampe kebawa mimpi kayaknya. Ini pun termasuk dalam mimpi yang jadi nyata karena masih mungkin terjadi. Tapi soal kado-kadoan masih ada lagi sistem pemberian kayak...

6. Kotak Kado Bawah Pohon

image5

Yang dibuka ketika Natal tiba. Biasanya ada banyak kotak kado gede-gede di bawah pohon. Kalo dulu sih masih gitu ya. Sekarang kayaknya cuma jadi hiasan doang, dekorasi. Sekarang zamannya tukeran kado. Modelnya bisa Secret Santa gitu. Ya begitulah fenomena budaya. Dan satu lagi yang diimpikan banyak anak di seluruh dunia adalah...

7. Sinterklas

image6

Udahlah, cukup jadi cerita aja. Anak kecil sih suka, tapi dia akan bertemu dengan realita kala beranjak dewasa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});