Buka Puasa dengan Energy Drink, Apa Efeknya?

Rusmanto
Rusmanto

Buka Puasa dengan Energy Drink, Apa Efeknya? ilustrasi

Winnetnews.com -  Beragam produk energy drink mengklaim dapat menjaga ketahanan tubuh selama berpuasa. Tidak tanggung-tanggung, banyak iklan produknya yang juga menyarankan agar Anda rutin meminumnya saat berbuka dan sahur. Mengingat tingginya kafein dan gula dalam energy drink, sebenarnya apa boleh Anda meminumnya saat buka puasa?

Efek buka puasa dengan energy drink

Minuman berenergi memiliki kandungan utama berupa kafein, gula, vitamin, dan asam amino yang disebut taurin.

Mengonsumsi minuman ini untuk berbuka puasa dapat menimbulkan efek sebagai berikut:

1. Badan terasa lemas

Sekaleng energy drink bisa mengandung 80-500 miligram kafein. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan secangkir kopi yang hanya mengandung 100 miligram.

Jumlah tersebut bahkan melebihi batas aman asupan kafein dalam sehari, yakni 400 miligram.

Setelah 10 menit Anda buka puasa dengan energy drink, kafein akan memasuki aliran darah dan meningkatkan denyut jantung.

Kemudian, 15-45 menit setelahnya, kadar kafein akan terus meningkat sehingga Anda lebih waspada, mudah berkonsentrasi, dan merasa gembira.

Namun, efek ini tidak bertahan lama. Satu jam setelah mengonsumsi energy drink, level energi akan mulai menurun. Akibatnya, Anda mudah merasa lelah saat harus melakukan kegiatan malam seperti beribadah.
 

2. Rasa tidak nyaman pada tubuh

Asupan kafein yang tinggi tidak selalu menimbulkan efek positif bagi tubuh. Pada beberapa orang, kafein dalam energy drink bisa menyebabkan sakit perut, tangan gemetar, rasa tidak enak badan, serta mulut kering.

Kafein juga dapat memengaruhi berbagai sistem tubuh Anda. Pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2018, konsumsi energy drink dalam jumlah banyak menyebabkan jantung berdebar, nyeri dada, badan lesu, serta insomnia.

Efek negatif energy drink dapat berlangsung selama tiga jam setelah Anda buka puasa atau meminumnya.

Dampak yang paling terasa adalah sulit tidur, padahal Anda harus tidur cukup sebelum bangun untuk sahur pada keesokan harinya.
 

3. Sering buang air kecil

Jika Anda sering minum energy drink untuk buka puasa, sebaiknya mulailah menghentikan kebiasaan ini.

Alih-alih memberikan asupan cairan bagi tubuh, minuman ini malah dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan.

Minuman berenergi memiliki efek diuretik, yang berarti memicu produksi urine.

Minum minuman berenergi saat buka puasa akan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Tanpa disadari, kondisi ini dapat mengakibatkan dehidrasi ringan.

Selama puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup seperti biasanya. Maka dari itu, Anda perlu cermat dalam memilih minuman untuk berbuka puasa.

Bukannya mengganti cairan tubuh yang hilang, memilih minuman seperti kopi, teh, dan energy drink untuk buka puasa justru bisa memberikan efek sebaliknya.
 

4. Tubuh tidak mendapatkan energi yang diperlukan

Berkebalikan dengan namanya, energy drink tidak memberikan energi bagi tubuh walaupun Anda rutin minum saat buka puasa.

Kandungan taurin dan L-karnitin pada energy drink memang berperan dalam metabolisme energi, tapi kedua asam amino ini tidak dapat meningkatkan produksinya.

Energi yang Anda rasakan setelah minum energy drink sebenarnya berasal dari gula. Akan tetapi, efeknya tidak berlangsung lama karena tubuh akan mengubah gula menjadi energi dengan cepat.

Kandungan gula yang amat tinggi pada energy drink juga tidak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi minuman ini secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, hingga diabetes.

Minuman terbaik untuk buka puasa haruslah bermanfaat bagi kesehatan, dan energy drink bukan salah satunya. Pilihlah minuman yang lebih menyehatkan seperti air putih atau jus buah tanpa pemanis tambahan.

Untuk mengembalikan energi tubuh, lengkapi menu sahur dan berbuka puasa Anda dengan makanan padat nutrisi.

Tak perlu minuman berenergi, kedua cara ini sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa.

 

 

 


Artikel ini telah tayang di hellosehat.com dengan judul "Bolehkah Minum Energy Drink Saat Berbuka Puasa?"
 

Apa Reaksi Kamu?