Bukalapak Resmi Melantai di Bursa, Achmad Zaky Mendadak Jadi Triliuner
Achmad Zaky (Foto: Dok. Bukalapak)

Bukalapak Resmi Melantai di Bursa, Achmad Zaky Mendadak Jadi Triliuner

Jumat, 6 Agt 2021 | 09:51 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Perusahaan e-commerce Bukalapak resmi melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) hari ini, Jumat (6/8). Perusahaan unicorn tersebut tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode BUKA.

PT Bukalapak.com Tbk menawarkan 25.765.504.800 lembar saham dengan harga penawaran sebesar Rp 850 per sahamnya.

Atas IPO tersebut, Bukalapak berhasil menghimpun dana sekitar Rp21,9 triliun yang akan digunakan untuk modal kerja perusahaan serta anak-anak usahanya, termasuk berinvestasi di berbagai produk dan layanan untuk meningkatkan kinerja, profitabilitas, serta keberlangsungan.

Melantainya Bukalapak di bursa juga menjadikan co-founder sekaligus mantan CEO perusahaan tersebut, Achmad Zaky yang menggenggam 4,45 miliar lembar saham BUKA akan memiliki kekayaan total Rp 3,78 triliun.

Sebelum menjadi bos di Bukalapak, Zaky yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Informatika itu sempat mendirikan perusahaan di bidang jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia, dimana ia menduduki posisi CEO hingga 2014.

Zaky kemudian bersama dua rekannya  Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid, mendirikan Bukalapak pada 10 Januari 2010. Pria kelahiran Sragen ini menempati posisi CEO Bukalapak hingga akhir tahun 2019.

Bukalapak dianggap berhasil memajukan perekonomian dengan memperluas pasar UKM lewat online marketplace. Achmad Zaky pun meraih sejumlah penghargaan, salah satunya Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 21 Juli 2016.

Bersama rekannya, Nugroho Herucahyono, Zaky kini mendirikan perusahaan investasi bernama Init 6. Perusahaan tersebut berfokus pada pendanaan startup di tahap awal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...